SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT Persis Solo Saestu, Kaesang Pangarep (kedua dari kiri), Komisaris Utama, Kevin Nugroho (kedua dari kanan) dan Komisaris, Mahendra Agakhan Thohir (kanan) tengah bersiap mengikuti sesi perkenalan pemilik baru Persis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (20/3/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO-– Kevin Nugroho tampak semringah saat diperkenalkan sebagai salah satu bos anyar Persis. Diketahui Direktur PT Plevia Makmur Abadi itu telah menanti sejak 2019 untuk dapat mengakuisisi Persis. Dua tahun lalu dia bersama Erick Thohir sempat menjajaki pembelian saham PT PSS.

“Sebetulnya tahun 2019 Mas Kaesang juga sudah bareng sama kami, tapi saat itu belum jodoh. Ya kami tunggu, terbukti jodoh enggak ke mana,” ujar Kevin yang akan berusia 27 tahun pada Selasa (23/3/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kejutan muncul di pemilik saham 20% yakni Erick Thohir. Pembelian 20% saham Persis menjadi penanda Erick kembali ke industri sepak bola setelah sebelumnya sempat menjadi bos Inter Milan.

Baca Juga: Mau Bikin Persis Solo Kuat, Eko Purdjianto Beri Sinyal Boyong Para Pemain Liga 1 Ini

Selain Persis, Erick baru saja membeli saham klub Inggris, Oxford United. Erick sendiri menempatkan putranya, Mahendra Agakhan Thohir, sebagai Komisaris PT PSS. Aga mengaku merasa spesial lantaran Solo tak lepas mewarnai sejarah keluarganya.

“Kakek saya pertama merantau ke Solo, saat masih SMEA. Saya ingin mengikuti jejak bapak dan kakek untuk mempersiapkan industri olahraga, dimulai dari Solo. Saya siap belajar,” ujar Aga.

Baca Juga: Manchester City Lolos Ke Semifinal Piala FA Berkat Dua Gol Menit-Menit Akhir

Pelunasan Janji

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tampak puas bisa “mengantar” Persis bertemu dengan investor baru. Gibran mengatakan hal itu sebagai pelunasan janji kampanyenya yakni membangunkan Persis dari tidur panjang.

“Dulu saya janji enggak akan menelantarkan Persis. Saya ingin Persis dikelola oleh profesional. Enggak mudah lho mencari owner baru Persis dengan keadaan klub dulu yang seperti itu. Mereka ini [pemilik baru] sebenarnya gambling [berjudi]. Namun saya yakin Persis bisa segera promosi ke Liga 1 sebelum usia satu abad [2023].”

Baca Juga: Dramatis, Gol Penjaga Gawang Selamatkan Sevilla Dari Kekalahan Dari Vallodolid

Setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT PSS di Hotel Alila Solo, Sabtu pagi, komposisi kepemilikan menempatkan Kaesang sebagai pemilik saham terbanyak dengan 40%.

Dalam forum itu Kaesang sekaligus didapuk sebagai Direktur Utama. Pengusaha jas hujan asal Solo, Kevin Nugroho, memiliki 30% saham dan berposisi Komisaris Utama di perseroan. Adapun Menteri BUMN, Erick Thohir, mengakuisisi 20% saham. Dia menempatkan putranya, Mahendra Agakhan Thohir, sebagai Komisaris di PT PSS.

Disinggung susunan manajemen yang belum terbentuk, Kaesang berjanji akan merampungkan dalam waktu dekat. Dia memberi sinyal akan ada kombinasi kalangan muda dan berpengalaman dalam manajerial klub. “Ini bukan masalah tua dan muda, yang penting punya kapasitas dan kemauan untuk membesarkan Persis,” ujar Kaesang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya