SOLOPOS.COM - Wajah baru Taman Balekambang Solo yang sudah buka kembali setelah renovasi per 1 Januari 2021. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Penataan Taman Balekambang Solo menjadi pusat kebudayaan Jawa segera dilelang dalam waktu dekat. Pengerjaan dilakukan dalam dua tahap yakni pada 2022 dan 2023.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, mengatakan desain Taman Balekambang sudah rampung dan segera dilelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Taman Balekambang Solo Diperluas, Aset Pemprov Jateng Ikut Kena

“Ya, menjadi pusat kebudayaan Jawa, kami benahi Taman Balekambang dengan tetap mempertahankan kawasan hijau, memperbaiki gedung kesenian,” jelasnya kepada wartawan, Sabtu (15/1/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Diana mengakui menjadikan Taman Balekambang sebagai pusat kebudayaan Jawa enggak gampang, tetap harus memperhatikan lingkungan. Menurutnya, proyek itu dikerjakan tahun jamak, tapi anggarannya belum bisa ia sampaikan.

Baca Juga: Festival Payung 2021, Begini Antrean Warga Masuk Taman Balekambang Solo

Sebelumnya, Kepala UPT Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Kota Solo, Sumeh, menjelaskan sejumlah aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan terdampak untuk akses jalan menuju Taman Balekambang Solo saat penataan nanti.

Aset itu antara lain Kantor Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Wilayah Solo dan Taman Ternak Aneka Ternak Balekambang.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan ke Solo Diprediksi Membludak, Tetap Jaga Prokes!

Selain itu, lanjutnya, pembangunan juga meliputi area kolam renang Tirtomoyo Manahan milik PDAM Kota Solo serta aset Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo bagian timur yang dipakai untuk pembibitan.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut seluruh Taman Balekambang bakal ditata ulang, seperti Taman Reptil, kolam ikan, dan lansekap.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo Mulai Sasar Pengunjung Tempat Wisata

Taman Balekambang telah lama menjadi objek wisata di Kota Solo. Selain dapat menikmati sejuknya hutan dalam kota, Taman Balekambang juga menyajikan hiburan seni budaya, yakni ketoprak dan sendratari Ramayana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya