Jadi Pilot Project SBM, Ini Kiprah Sukarelawan di Kelurahan Siswodipuran

Surveileans Berbasis Masyarakat diperlukan untuk mendeteksi dini fenomena dan mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah di lingkungan masyarakat.

 Kegiatan uji petik Surveilans Berbasis Masyarakat di Kabupaten Boyolali, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

SOLOPOS.COM - Kegiatan uji petik Surveilans Berbasis Masyarakat di Kabupaten Boyolali, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI —Kelurahan Siswodipuran Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali terpilih menjadi pilot projet program Surveilans Berbasis Masyarakat (SBM) pada 2020.

Asisten Deputi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Kemenko PMK, Nancy Dian Anggraeni, mengatakan Surveileans Berbasis Masyarakat diperlukan untuk mendeteksi dini fenomena dan mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah di lingkungan masyarakat.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Nancy mencontohkan pengalaman sewaktu pandemi Covid-19, dalam waktu singkat kejadiannya bisa menjadi besar karena deteksi dini yang kurang.

“Padahal kalau misalnya kita bisa mengetahui lebih awal. Dengan adanya informasi dari masyarakat, dengan adanya tenaga-tenaga sukarelawan. Itu akan bisa kita cegah untuk tidak menjadi KLB, tidak menjadi wabah. Itu sebenarnya tujuan SBM,” ujar dia kepada wartawan dalam acara uji petik SBM di Kalurahan Siswodipuran, Rabu (5/10/2022).

Dalam acara yang sama, Lurah Siswodipuran, Edi Pujiyanto, mengatakan sukarelawan setempat senantiasa membantu pelaksanaan kegiatan yang memerlukan penanganan secara tepat dan cepat.

“Jadi ini wujud kepedulian, rasa empati sosial dari warga, sehingga apa apa yang mungkin menjadi kendala dalam masyarakat secara umum bisa terantisipasi dengan adanya ini [sukarelawan],” ujar dia kepada Solopos.com.

Menurut Edi, sukarelawan mendampingi dalam beberapa situasi, misalnya Siswodipuran sebagai daerah endemi Demam Berdarah (DB). Setiap tahun, kata Edi, pasti ada kasus demam berdarah, sehingga hal-hal seperti ini peran relawan sangat penting.  Sukarelawan setempat melakukan antisipasi dari efek domino DB.

“Yang dilakukan sukarelawan yang pertama adalah mengkondisikan dari lingkungan dimana itu ada kasus DB utamanya dengan pengecekan tempat yang berpotensi sarang nyamuk, sekaligus melakukan inventarisasi atau hal-hal yang sekiranya perlu dikoordinasikan secara khususnya dengan dinas kesehatan. Karena hal-hal seperti ini, kami dari perangkat kelurahan punya keterbatasan,” jelas dia.

Edi juga mengatakan peran sukarelawan disini sangat signifikan terutama untuk membantu tata laksana terkait endemi dan pandemi. Seperti peran sukarelawan saat Covid-19 dan PMK.

Edi menerangkan pada saat awal orang sangat amat protektif dengan adanya Covid, banyak hal yang secara teknis di lapangan itu tidak bisa terlaksana secara maksimal.

“Contoh bila ada salah satu warga yang terkena Covid-19 itu rata-rata pada waktu itu semua menutup diri. Nah disini lah sukarelawan itu dengan segenap potensi yang ada memfasilitasi. Baik penanganan medisnya ataupun kecukupan dari tingkat kebutuhan pangan,” ucap dia.

Relawan juga berkoordinasi dengan pemerintah apabila ada hal-hal yang memerlukan penanganan secara cepat. “Karena nuwun sewu, pada saat Covid-19 tidak semua orang mau berperan aktif sebagaimana yang dilakukan oleh Sukarelawan Siswodipuran,” ucap dia.

Untuk PMK, sukarelawan bergerak melalui kegiatan-kegiatan penyuluhan. Pengetahuan soal PMK dari dinas peternakan secara dini disampaikan kepada masyarakat. Jadi apabila ada hewan ternak yang terjangkit sebagaimana ciri-ciri PMK, kelurahan bersama sukarelawan segera melaporkan hal tersebut kepada pemerintah daerah.

“Kedua terkait konsumsi daging. Jadi itu juga salah satu hal yang coba kami sampaikan kepada masyarakat sehingga apa yang dilakukan masyarakat bisa sedikit mengarah ke jalur yang benar,” papar dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hari Ini, Siaran TV Analog Berhenti di Solo, ANTV Bagikan Tips bagi Pemirsa

      Stasiun TV ANTV memberikan tips menonton tayangan digital setelah pemerintah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Solo dan sekitarnya pada Jumat (2/12/2022).

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.

      Soal Penghentian Siaran TV Analog, Diskominfo Klaten Tunggu Informasi Resmi

      Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten belum menerima informasi resmi terkait analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi terestrial analog dilakukan di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 2 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.