Borussia Dortmund vs Barcelona (Reuters-Thilo Schmuelgen)

Solopos.com, DORTMUND — Barcelona pantas berterima kasih pada Marc-Andre ter Stegen saat menahan imbang Borussia Dortmund dengan skor 0-0 dalam laga perdana Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019) dini hari WIB. Tampil bersama Lionel Messi yang comeback dari cedera betis, Barca justru kalah agresif dari tuan rumah.

Die Borussen 13 kali memberondong gawang tim tamu dengan empat di antaranya tepat sasaran. Adapun Barcelona melepaskan tujuh tembakan dengan hanya satu yang mengarah ke gawang. Beruntung Blaugrana memiliki seorang ter Stegen yang mampu berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan, terutama ketika menepis penalti Marco Reus di menit ke-56.

Saat itu Barca dihukum penalti setelah Nelson Semedo menjatuhkan Jadon Sancho di kotak terlarang. Sayang Reus gagal menunaikan tugasnya setelah ter Stegen dengan gemilang membaca arah bola yang menuju ke sisi kiri gawangnya. Aksi penyelamatan itu sempat menimbulkan kontroversi lantaran kaki sang kiper dianggap tak menginjak garis gawang saat tendangan penalti berlangsung. Namun wasit Ovidu Hategan dari Rumania memutuskan tak mengulang eksekusi Reus.

“Penalti? Sangat sulit mempelajari tendangan Reus karena selalu berubah. Saya hanya mengandalkan perasaan [intuisi] dan saya senang bisa menepisnya,” kata ter Stegen seperti dilansir Marca, Rabu.

Aksi itu tak hanya menyelamatkan Barca dari kekalahan di laga pembuka Liga Champions, melainkan sebagai sinyal bahwa dirinya layak dipilih menjadi kiper utama Timnas Jerman. Selama ini kiper 27 tahun itu memang masih berada di bawah bayang-bayang Neuer. “Orang-orang mengetahui kemampuan saya. Saya percaya terhadap diri sendiri dan hari ini saya membuktikannya [lebih baik dari Neuer]," tegas ter Stegen.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengakui serangan balik lawan sangat membahayakan timnya. Dia memuji ter Stegen yang tampol bagus sehingga tim bisa kembali mendominasi meski gagal mencetak gol. Di laga itu, Messi baru masuk di menit ke-59 menggantikan Ansu Fati. “Kami tak cukup baik,” ucap sang pelatih.

Marco Reus tak luput memberikan pujian pada ter Stegen. Selain menggagalkan eksekusi penaltinya, eks kiper Borussia Monchengladbach itu menepis tiga tembakan jarak dekatnya yang berpeluang menjadi gol. “Marc merupakan kiper kelas dunia. Penalti saya sendiri tidak benar-benar dieksekusi dengan baik. Saya harus kembali berlatih untuk itu,” ucap Reus.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten