SOLOPOS.COM - Putra bungsu KGPAA Mangkunagoro IX, Bhre Cakrahutomo. (Detik.com

Solopos.com, SOLO — Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang baru saja diumumkan segera menjadi KGPAA Mangkunagoro X atau penerus kepemimpinan di Pura Mangkunegaran Solo ternyata masih sangat muda. Umurnya baru 24 tahun.

Tidak hanya itu, pemuda kelahiran Jakarta pada 29 Maret 1997 tersebut juga masih lajang alias belum menikah. Informasi tersebut disampaikan Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso, kepada Solopos.com, Selasa (1/3/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“[Bhre] Kelahiran di Jakarta. Tanggal 29 Maret 2022 berusia 25 tahun. Masih lajang, betul,” terang Lilik melalui pesan Whatsapp.

Baca Juga: Segera Jadi Mangkunagoro X, Ini Pesan Pemerhati Budaya Solo untuk Bhre

Sedangkan pekerjaan atau profesi yang digeluti Bhre saat ini, menurut Lilik, adalah sebagai pengacara. Tapi pekerjaan tersebut dilakukan Bhre di Ibu Kota DKI Jakarta.

“Saat ini sebagai pengacara wonten Jakarta. Kalau di Pura Mangkunegaran Solo, [Bhre] sudah dipercaya untuk mengawasi revitalisasi di Pura Mangkunegaran,” terang Lilik.

Berdasar catatan Solopos.com, revitalisasi Pura Mangkunegaran Solo yang diawasi Bhre dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meliputi sejumlah bangunan, seperti Ndalem Ageng dan Pringgitan.

Baca Juga: Jadi Mangkunagoro X, Ini Tanggal Jumenengan Bhre Cakrahutomo

Revitalisasi Mangkunegaran

Selain itu revitalisasi yang dilakukan pada 2021 menyentuh sebagian kecil Pendapa, Ndalem Prangwedanan bagian utara, dan Reksa Pustaka. Revitalisasi Pura Mangkunegaran dilakukan untuk mengembalikan fungsi dan daya tarik wisata budaya.

Di sisi lain berdasarkan catatan Solopos.com, Bhre adalah sosok anak muda yang gemar dengan olahraga, utamanya sepak bola. Beberapa kali ia terlihat menyaksikan laga Persis Solo di Stadion Manahan Solo saat Liga 2 pada tahun lalu.

Saat itu Bhre mengakui ia memang menggemari Persis Solo. “Oh iya, saya selama ini sebagai masyarakat Solo ya tentu ini kebanggaan kita juga ya. Saya juga salut sekali dengan teman-teman saya Mas Kaesang, Mas Kevin, dan Mas Aga,” tuturnya.

Baca Juga: Resmi! Mangkunegaran Solo Umumkan Bhre Cakrahutomo Jadi Mangkunagoro X

Bhre mengaku bangga dengan perjuangan Persis Solo di Liga 2 untuk bisa masuk ke Liga 1 Tanah Air. “Sebagai masyarakat Solo saya bangga lah,” katanya. Ihwal pertemanan dengan Kaesang Pangarep menurutnya sudah dijalin setahun terakhir.

Penggemar Sepak Bola

Bhre juga datang saat peresmian Persis Store and Cafe di Jl. Menteri Sumpeno Nomor 10 Manahan, Banjarsari, Solo, pada Sabtu (27/11/2021) sore. Peresmian dilakukan Wakil Wali Kota (Wawali) Solo Teguh Prakosa dan dihadiri Kaesang Pangarep.

Bahkan Bhre tampak menenteng beberapa bungkusan plastik berisi belanjaan dari toko resmi jersey dan merchandise Persis Solo tersebut.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Bhre Cakrahutomo Diumumkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X

Seperti diberitakan, Pura Mangkunegaran Solo telah mengumumkan Bhre Cakrahutomo sebagai penerus takhta sepeninggal Mangkunagoro IX yang wafat pada 13 Agustus 2021 lalu. Pengumuman dilakukan pada Selasa (1/3/2022) di kompleks Pura Mangkunegaran.

GPH Bhre Cakrahutomo merupakan putra bungsu Mangkunagoro IX dengan permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi. Bhre selanjutnya akan dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X lewat upacara jumenengan yang dijadwalkan pada Sabtu (12/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya