SOLOPOS.COM - Alat berat sudah berada pada salah satu lahan terdampak proyek tol Solo-Jogja Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten, Selasa (29/6/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Seorang warga Dusun Ngentak, Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Ika Saraswati, menjadi miliarder baru setelah mendapat uang ganti rugi lahan proyek Jalan Tol Solo-Jogja. Uang itu ia gunakan untuk membangun dua rumah sekaligus.

Ika mendapat uang ganti rugi setelah rumah dan pekarangannya terdampak proyek Tol Solo-Jogja. Dia menyebut uang ganti rugi yang didapat lebih dari Rp1 miliar. “Rumah sama kebun yang kena. Yang diterima Rp 800 juta dan Rp 670 juta, terpaksa pindah ke desa lain dengan berat hati,” kata Ika seperti dikutip dari detik.com.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Baca Juga: Inilah Data Komunitas Pembudidaya Maggot Si Pemakan Sampah Organik di Klaten

Lantaran rumah terdampak, Ika mau tak mau harus mencari rumah pengganti. Namun tak cuma satu, Ika langsung membuat dua rumah sekaligus. Dia membuat dua rumah tersebut di Kecamatan Delanggu.

“Ini sementara beli rumah baru. Iya [bangun] dua di Kecamatan Delanggu,” katanya.

Ika menerangkan satu rumah dia beli di Kota Kecamatan Delanggu tepatnya di belakang SMP. Sementara satu rumah lainnya dibangun di Desa Segaran, Kecamatan Delanggu. Untuk rumah kedua itu masih dalam tahap pembangunan.

“Rumah saja ini belum jadi, di sana [Desa Kranggan] padahal sudah dirobohkan semua. Tapi sementara tinggal di rumah yang di belakang SMP,” papar Ika.

Menurut Ika, akibat ada proyek Tol Solo-Jogja itu tetangganya terpisah-pisah. “Yang membangun dan pindah ke sini (Desa Segaran) ada empat orang, tetangga semua. RT 14 warganya pisah semua, dulu mau direlokasi pada tidak mau,” jelas Ika.

Baca Juga: Pemdes Gempol Klaten Larang Warga Selfie dan Nongkrong di Jalan Ini, Kenapa Sih?

Sementara itu, warga Dusun Logantung, Desa Kranggan, Andang Harjanto, juga membangun rumah baru setelah rumah lamanya terdampak proyek Tol Solo-Jogja. Andang mendapatkan ganti rugi senilai Rp1,2 miliar setelah rumah dan pekarangannya terdampak.

“Untuk membeli pekarangan dan membangun dua rumah saja mungkin sudah habis. Belum mikir beli mobil,” jelas Andang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya