SOLOPOS.COM - Ilustrasi Teras Malioboro yang menjadi tempat relokasi PKL. (Harianjogja.com - Sunartono)

Solopos.com, JOGJA — Dua lokasi untuk relokasi pedagang Teras Malioboro 2 telah disipakan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu lahan untuk lokasi relokasi telah dibebaskan dengan anggaran senilai Rp50 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, mengatakan Pemda DIY terus berupaya menyiapkan tempat relokasi bagi pedagang di Teras Malioboro 2. Dua lokasi yang disiapkan yaitu di Kampung Ketandan dan samping Teras Malioboro 1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini kami siapkan lahannya, tahun 2024 membangun. Nanti pastinya ada pernak-pernik lainnya sesuai kebutuhan para tenant. Tahun 2025 atau 2024 akhir harapannya kita sudah mulai berbenah disana untuk pindah,” ujarnya, Minggu (28/5/2023).

Srie menyampaikan pembebasan lahan seluas lebih dari 2.000 meter persegi yang ada di samping Teras Malioboro 1 telah dilakukan Pemda DIY. Sedangkan, untuk lahan di Kampung Ketandan seluas sekitar 3.000 meter persegi baru dibebaskan tahun ini.

“Yang di Ketandan sudah [pembebasan lahan] tahun ini, sekitar Rp50 miliar,” katanya.

Saat ini sedang disiapkan dua rancangan Detail Engineering Design (DED) untuk lokasi tersebut. Menurut Srie diperkirakan DED akan rampung dalam tiga bulan.

“Kami sudah mulai mendesain DED-nya. Teras Malioboro yang di Ketandan, [lahannya] baru dibeli [dibebaskan] tahun ini, jadi baru mau disusun [DED] tahun ini,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kampung Ketandan Jadi Salah Satu Tempat Relokasi Pedagang Teras Malioboro 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya