SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL: Pertandingan Persiba Bantul melawan Gresik United di Stadion Sultan Agung, sore ini, memiliki arti tersendiri buat skuad Laskar Sultan Agung, julukan Persiba. Pasalnya, inilah pertandingan kandang terakhir Kahudi Wahyu cs di Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2008-2009.

Oleh karena itu, Persiba membidik kemenangan di laga ini sebagai kado ‘perpisahan’. Tidak hanya itu, kemenangan juga akan semakin memuluskan langkah Persiba menuju babak 8 Besar Divisi Utama yang juga bisa berarti tiket Super Liga tinggal selangkah lagi. Yang membuat pertandingan ini akan berat buat Persiba, Gresik United juga memiliki misi khusus dalam laga ini. Misi tersebut adalah kemenangan yang akan membawa tim asuhan Sasi Kirono itu berpeluang besar bertahan di divisi utama musim depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelatih Persiba, Nandar Iskandar mengatakan bahwa anak asuhnya sudah cukup siap menghadapi laga tersebut. Menurutnya motivasi pemain-pemainnya juga sedang bagus usai menundukkan Persibo. Namun, Nandar tidak serta merta memandang sebelah mata Gresik United. Walaupun sebelumnya GU menderita kekalahan dari PSIM, Nandar justru mewaspadai kebangkitan Laskar Joko Samudro yang diyakininya tak ingin kalah kedua kalinya. Nandar mengatakan GU bukanlah tim yang sembarangan.

“Mekipun mereka saat ini ada di papan bawah, saya harus akui bahwa mereka adalah tim besar, yang sudah lama terbentuk, pasti mereka memiliki ‘sesuatu’,” jelas pelatih asal Bandung itu. Menghadapi laga sore ini Persiba sebenarnya akan sedikit timpang karena tidak akan diperkuat striker andalannya, Ugik Sugiyanto, serta kiper utamanya Arif Musafak.

Keduanya harus absen karena akumulasi kartu seusai mendapatkan kartu kuning saat melawan Persibo lalu. Absennya Ugik tentu saja menjadi kerugian tersendiri bagi Persiba. Pasalnya ia tengah dalam kondisi on fire dan menyumbang satu gol saat laga melawan Persibo. Feri Setyawan akan disiapkan menjadi pengganti Ugik,
sebagai tandem Ezequiel Gonzales di lini depan. Sedang di posisi kiper, Ariesoma Krisandhi akan diplot sebagai benteng terakhir Persiba. Nandar juga mengatakan bahwa di laga kali ini ia akan mencoba mempertahankan rit me permainan seperti saat menjamu Persibo lalu. Ia mengaku tidak akan melakukan serangan frontal dan terbuka, namun lebih menjaga keseimbangan.

Ada indikasi Persiba akan memainkan ball possession sambil mencari celah memberikan umpan matang kepada target man mereka, Ezequiel Gonzales. Sementara itu pelatih Gresik United, Sasi Kirono, mengakui bahwa kekalahan 2-0 dari PSIM lalu sedikit menurunkan mental anak asuhnya. Tapi ia juga meyakinkan bahwa sekarang mereka sudah benar-benar dalam kondisi siap. Justru kini pemainpemainnya memiliki motivasi untuk tidak mengalami kekalahan yang kedua kalinya. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kekalahan yang diderita timnya dari PSIM, lebih karena kondisi fisik pemain yang belum fit.

Menurutnya empat pemainnya kala itu menderita radang tenggorokan dan demam yang membuat fi siknya drop. Namun saat ini kondisi pemainnya telah jauh membaik. Sasi mengungkapkan bahwa ia cukup mewaspadai performa striker asing Persiba Ezequiel Gonzales. Ia menilai Ezequiel sebagai pemain paling berbahaya di kubu Persiba. Namun meski begitu ia mengatakan tidak lantas akan memasang pola bertahan di lapangan. Terkait dengan posisi GU di klasemen saat ini, Sasi mengatakan bahwa tambahan tiga poin sudah bisa menyelamatkan GU dari degradasi.

“Selama ini Gresik United tidak dikenal sebagai tim yang memainkan sepak bola bertahan, peluang kita besok ya 50:50 lah,” jelas mantan kapten Petrokimia Gresik yang seangkatan dengan Widodo C. Putra ini. Hal senada juga disampaikan oleh kapten Gresik United, Heri Purnomo. Ia mengatakan bahwa sejauh ini rekan-rekannya cukup siap menghadapi pertandingan baik secara fi sik maupun mental bermain. Ia hanya berharap rekanrekannya bisa bermain lebih tenang dalam menghadapi tekanan dari kubu tuan rumah. Ia juga berambisi membobol jala Persiba dan membawa pulang angka dari Persiba meski berposisi sebagai pemain bertahan.

Oleh Galih Kurniawan
HARIAN JOGJA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya