Tutup Iklan

Jadi Kota Terbaik Peduli Anak 2021, Ini Yang Sudah Dilakukan Pemkot Jogja

Kota Jogja tahun ini berhasil meraih predikat Kota Peduli Anak terbaik dari KPAI.

 Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Masyarakat Kota Jogja, Sisruwadi (tengah) dan Edy Muhammad (samping kanan Sisruwadi) dalam acara penerimaan penghargaan dari KPAI secara daring di Kompleks Balai Kota Jogja, Kamis (22/7/2021). (Istimewa/Pemkot Jogja)

SOLOPOS.COM - Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Masyarakat Kota Jogja, Sisruwadi (tengah) dan Edy Muhammad (samping kanan Sisruwadi) dalam acara penerimaan penghargaan dari KPAI secara daring di Kompleks Balai Kota Jogja, Kamis (22/7/2021). (Istimewa/Pemkot Jogja)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mendapat penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Tahun 2021 ini, Jogja menjadi yang terbaik dalam keterpedulian terhadap anak-anak dalam kategori Pemerintah Kota.

Ketua KPAI, Susanto, mengatakan terdapat sepuluh kategori penghargaan yang penilaiannya menggunakan Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (Simep) perlindungan anak. “Simep berbasis digital ini merupakan salah satu inovasi kami agar kegiatan perlindungan anak oleh pemerintah bisa lebih mudah terpantau,” kata Susanto dalam penyerahan Anugerah KPAI 2021 secara daring, Kamis (22/7/2021).

Ini merupakan tahun ke-4 adanya Anugerah KPAI. Ada empat indikator yang menjadi aspek penilaian yakni komitmen, diferensiasi, inovasi, dan dampak. Harapannya dengan penghargaan ini bangkit semangat baru dalam upaya perlindungan anak di seluruh Indonesia. Hal ini lantaran rata-rata capaian indeks perlindungan anak di Indonesia baru mencapai 62,26%.

Baca Juga: Impian Sukoharjo Mewujudkan Kabupaten Layak Anak Lewat 10 Inovasi

“Satu sisi tentu bahagia ada perkembangan yang baik bagi kemajuan perkembangan anak. Tetapi di daerah lain ternyata masih banyak hambatan, terutama menyangkut kekerasan yang dialami anak,” kata Susanto.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Jogja, Edy Muhammad, mengatakan Pemkot Jogja juga mampu meraih Anugerah KPAI sebagai kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak pada tahun 2020.

Namun kala itu masih berada di urutan ke-4. Sedangkan tahun ini berhasil menjadi yang terbaik pertama, dengan urutan berikutnya yaitu Kota Surabaya dan Kota Jakarta Barat.

Baca Juga: Wonogiri Targetkan Tahun Ini Raih Predikat Nindya Kabupaten Layak Anak

Inovasi dan Komitmen

Pemkot Jogja melakukan berbagai upaya dalam memenuhi hak anak. Selain menyediakan fasilitas dan kebijakan berbasis anak, Pemkot Jogja saat ini juga membangun perlindungan anak berbasis kelurahan. “Sinergi kaitannya dalam pemenuhan dan perlindungan hak anak juga sangat luar biasa. Mulai dengan aparat penegak hukum, antar OPD hingga bersama masyarakat. KPAI Kota Jogja juga cukup aktif,” kata Edy.

Meski sudah banyak upaya, saat ini Edy masih menaruh perhatian serius terhadap kasus kekerasan yang menimpa anak. Untuk anak laki-laki, kasus kekerasan didominasi masalah fisik, psikis, baru pencabulan. Sedangkan untuk anak perempuan lebih dominan psikis, fisik, baru pencabulan.

Menurut Ketua KPAI Kota Jogja, Sylvi Dewajani, untuk mempertahankan predikat pertama pada tahun depan bukan perkara mudah. Perlu adanya inovasi antar OPD dan masyarakat agar komitmen dalam hal perlindungan anak bisa semakin kuat.

Baca Juga: Jadi Kota Layak Anak di Indonesia, Ini 5 Taman Cantik di Solo yang Cocok Buat Main Si Kecil

“Tahun lalu Kota Jogja masih di urutan empat dan tahun ini mampu menjadi terbaik pertama. Itu cukup luar biasa. Tetapi tantangannya semakin berat karena selalu dibutuhkan inovasi karena jaman juga berkembang. Terlebih di masa pandemi ini kehidupan sosial masyarakat ikut berubah,” kata Sylvi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Masuk Yogyakarta, Bus Pariwisata Bakal Diperiksa Ketat

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bakal memperketat pengawasan terhadap bus pariwisata yang masuk ke daerahnya.

Sejumlah Kampus di Jogja Belum Gelar Kuliah Tatap Muka, Ini Alasannya

Sejumlah perguruan tinggi di Kota Jogja masih belum merencanakan kuliah tatap muka di kampus pada masa pandemi Covid-19.

Petani Tembakau di Sleman Tolak Kenaikan Cukai Rokok

Asosiasi petani tembakau di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menolak rencana pemerintah yang akan menerapkan kenaikan cukai hasil tembakau atau cukai rokok pada 2022.

Terungkap! Pabrik Pil Koplo di Yogya Sudah Beroperasi Sejak 2018

Aparat polisi menggerebek dua pabrik pembuatan obat-obatan psikotropika atau pil koplo yang telah beroperasi sejak 2018 di wilayah Yogyakarta.

2 Pabrik Pil Koplo di Yogya Digerebek, Produksi 2 Juta Pil Per Hari

Aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran pil koplo di Yogyakarta, di mana terdapat dua pabrik yang memproduksi dengan kapasitas 2 juta pil per hari.

Pengacara Terdakwa Satai Beracun Minta Nani Dibebaskan

Pengacara terdakwa sate beracun, Nani Apriliani Nurjaman, menyebut pasal yang didakwakan JPU dinilai kabur dan tidak sesuai.

Litto Kantongi Surat Kesesuaian Tata Ruang, Begini Sikap DPRD Bantul

DPRD Bantul akan meminta kejelasan dan duduk perkara, terkait berdirinya hotel dan restoran Little Tokyo di RT 5 Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, yang diduga belum mengantongi izin.

Jangan Sampai Terlambat Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Ini Alasannya

BPJS Kesehatan ini bisa digunakan untuk berobat, baik rawat jalan maupun rawat inap di fasilitas kesehatan oleh peserta.

JPU Tuntut Terdakwa Klitih Kotagede Jogja, Penjara 1 Tahun 7 Bulan 

JPU menilai terdakwa KAP dinyatakan bersalah melakukan klitih hingga mengakibatkan korban KS, 16, mengalami luka berat.

Awas! Batu Raksasa Jebol Rumah Warga di Prambanan Sleman

Peristiwa batu raksasa yang menimpa rumah warga tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Dusun Jali.

Pemkot Jogja Luncurkan Kampung Wisata Melayani Melalui Aplikasi

Pemkot Jogja terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi wisawatan untuk berkunjung ke Kota Gudeg tersebut.

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Gegara Dendam Pribadi, Pegawai Angkringan Pendopo Lawas Ditusuk

Seorang pegawai angkringan di Jogja jadi korban penusukan oleh warga yang diduga menaruh dendam. Pelaku kini sudah ditangkap.

Saluran Irigasi Peninggalan Belanda Jebol, Ini Nasib Lahan Pertanian di Kulonprogo

Saluran irigasi peninggalan Belanda yang jebol berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.