Jadi Kota Layak Anak di Indonesia, Ini 5 Taman Cantik di Solo yang Cocok Buat Main Si Kecil
Anak-anak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, melihat Gerhana Matahari Cincin. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO --- Solo di Jawa Tengah dinobatkan sebagai salah satu kota paling ramah atau layak anak di Indonesia pada 2019.

Selain Solo, ada dua kota lain di Indonesia yang memperoleh predikat tersebut, yakni Surabaya di Jawa Timur dan Denpasar di Bali. Ketiga kota ini mendapatkan predikat utama pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Selamat untuk para penerima penghargaan. Semoga tahun depan bisa lebih baik," ungkap Menteri PPPA, Yohana Susana Yembise kala itu, sebagaimana diberitakan Antara.

Baca Juga:  Lebih Mahal dari Gibran, Jam Tangan Hermes yang Dipakai Selvi Ananda Harganya Fantastis!

Bukan kali ini saja Solo dinobatkan sebagai kota ramah atau layak anak di Indonesia. Di tahun-tahun sebelumnya, Kota Bengawan juga meraih predikat yang sama.

Dengan predikat kota ramah atau layak anak di Indonesia, ternyata Solo menyimpan beberapa taman cantik yang cocok buat main si kecil. Di mana saja taman itu?

Baca Juga:  5 Keuntungan Tinggal di Solo, Kota Paling Nyaman di Indonesia

Berikut ini lima taman cantik di Kota Solo yang bisa jadi lokasi bermain buah hati.

5 Taman Cantik di Kota Layak Anak Indonesia

1. Taman Cerdas Jebres

Patung robot di Taman Cerdas Jebres Solo (M Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)
Patung robot di Taman Cerdas Jebres Solo (M Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Taman Cerdas yang berlokasi di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini menyimpan beragam fasilitas yang cocok untuk dinikmati si kecil.

Terdapat gazebo, ruang teater terbuka, ruang audio visual, patung tokoh pewayangan dan dinosaurus hingga perpustakaan yang bisa diakses si kecil di Taman Cerdas Jebres.

Baca Juga: Mewah Banget! Segini Harga Jam Tangan Gucci yang Dipakai Wali Kota Solo Gibran

Di taman seluas 3,5 hektar ini juga memiliki air mancur yang menjadi spot paling menarik untuk anak-anak. Apalagi air mancur tersebut menyala di malam hari dengan warna-warni yang begitu cantik.

Bukan hanya dinikmati anak-anak, taman di Kota Solo ini juga layak untuk dikunjungi orang tua. Mereka bisa berswafoto maupun duduk-duduk di santai di area taman.

Baca Juga: Apakah Tes Swab Bisa Membatalkan Puasa?

2. Taman Jaya Wijaya

Monumen peringatan 30 Tahun Konvensi Hak Anak di Taman Jaya Wijaya Solo
Monumen peringatan 30 Tahun Konvensi Hak Anak di Taman Jaya Wijaya Solo. (Solopos-Burhan Aris Nugraha)

Sebagai kota layak anak di Indonesia, Kota Solo memiliki banyak taman, salah satunya adalah Taman Jaya Wijaya yang terletak di Mojosongo, Jabres.

Taman yang diresmikan oleh Wali Kota Solo pada Desember 2017 itu terdapat aneka fasilitas yang memanjakan anak-anak hingga orang tua.

Baca Juga: 4 Kisah Penemuan Harta Karun di Soloraya, Ada Emas Puluhan Kilogram

Bukan hanya bisa duduk bersantai, Taman Jaya Wijaya ini juga menjadi lokasi yang pas untuk berolahraga khususnya jogging di pagi hari maupun sore hari.

3. Taman Balekambang

taman balekambang solo
Suasana sepi di kawasan Taman Balekambang Jl. Balekambang No.1, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Minggu (31/1/2021) siang. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Taman di kota layak anak di Indonesia berikutnya ada Taman Balekambang yang berlokasi di Manahan, Banjarsari, Solo.

Di Taman Balekambang Solo ini anak-anak bisa bermain dengan leluasa, termasuk memberi makan rusa yang dipelihara oleh pengelola taman.

Baca Juga:  Bukan Solo, Ini Kota Tercerdas di Indonesia 2021

Terdapat banyak pohon besar nan rindang di taman ini sehingga cocok untuk berteduh dari panasnya Kota Solo di siang hari.

Bukan hanya jalan-jalan saja, terkadang ada acara-acara seru yang digelar oleh pengelola Taman Balekambang, seperti festival ketoprak, festival dolanan bocah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Wisata Ini Lagi Viral Hlo di Sekitar Tawangmangu, Yakin Enggak Mau ke Sini?

4. Taman Monumen 45 Banjarsari

kota layak anak di indonesia Peserta didik taman kanak-kanak (TK) yang tergabung dalam Gugus XII Apel Kota Solo membersihkan kawasan Monumen '45, Banjarsari, Solo, Jumat (21/2/2014). Kegiatan tersebut digelar untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap situs sejarah. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)
Siswa TK Ramai-Ramai Membersihkan Monumen '45

Kota layak anak di Indonesia ini juga menyimpan taman lainnya yang penuh dengan sejarah, yakni Taman Monumen 45 Banjarsari.

Taman yang berlokasi di Setabelan, Banjarsari ini memiliki suasana yang begitu rindang sehingga cocok untuk bersantai dan bermain bersama si kecil.

Baca Juga:  Kondangan Bareng, Penampilan Kaesang dan Nadya Arifta Disorot Habis-habisan

Apalagi terdapat beragam arena bermain anak yang bisa membuat si kecil betah bersenang-senang di taman ini.

5. Taman Bendung Tirtonadi

tembok berlin solo kota layak anak di indonesia
Taman Bendung Tirtonadi Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Kota layak anak di Indonesia ini juga mempunyai taman yang lumayan baru, yakni Taman Bendung Tirtonadi atau Taman Papan Kawruh Tirta.

Taman yang berlokasi tepat di seberang Terminal Tirtonadi ini terlihat cantik. Apalagi lokasinya persis di samping pertemuan Kali Gajah Putih dan Kali Pepe sehingga bisa menjadi spot foto menarik bersama keluarga.

Baca Juga: Saking Tajirnya, 5 Artis Indonesia Ini Sampai Punya Jet Pribadi Hlo

Bukan hanya itu, di taman ini anak-anak juga bisa bermain dengan leluasa, seperti sepak bola maupun menaiki skuter.

 

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom