SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Seorang anak bernama Muhammad Khoirul Muhaimin, 10, warga Desa Karangrejo RT 004/RW 001, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menjadi korban ledakan mercon bambu yang lazim disebut mercon bumbung. Karena mengalami luka bakar 10%, ia menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi, Kota Semarang, Jateng.

“Pasien bernama Khoirul saat ini masih dirawat di Ruang PICU [Pedriatic Intensif Care Unit] karena mengalami luka bakar 10% dari tubuhnya dan kategori lukanya masuk dalam grade ketiga,” ungkap Kepala Instalasi Rawat Intensif RSUP dr. Kariadi Supriatna di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/6/2019).

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Ia mengungkapkan kondisi Khoirul saat kali pertama dirujuk di RSUP dr. Kariadi Semarang, Selasa (4/6/2019) malam, sempat mengalami gagal napas sehingga harus menggunakan ventilator mekanik untuk membantu pernapasannya. Menurut dia, Khoirul yang menderita luka bakar parah di bagian wajah, tangan kiri, dan kedua kaki itu juga mengalami gangguan pernapasan karena ada uap panas yang terhirup, sehingga jalur pernafasan menjadi bengkak.

“Hari ini ada perkembangan, sehingga kerjanya mesin untuk membantu pernafasan berkurang,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk penanganan Khoirul, pihaknya mengerahkan tujuh dokter dari berbagai divisi mulai dari dokter spesialis anak, dokter bedah plastik, divisi mikrobiologi hingga nutrisi. “Secara umum, proses penyembuhan luka bakar bisa berlangsung dalam tiga minggu jika ditangani dengan baik, namun untuk kasus Khoirul, penanganan bisa lebih lama karena luka bakar yang dialami terutama di bagian yang wajah cukup parah,” katanya.

Irham, salah seorang kerabat keluarga korban ditemui di ruang PICU mengatakan pihak keluarga tidak ingin memperpanjang peristiwa ledakan mercon bambu yang menimpa Khoirul. Pihak keluarga saat ini hanya fokus pada penyembuhan Khoirul. “Sudah tidak ada masalah, keluarga sudah ada kesepakatan bahwa ini murni lalai saat bermain. Jadi tidak benar kalau dibakar, ini ceroboh saat main,” ujarnya.

Khoirul sebelumnya disebut-sebut menjadi korban pembakaran yang dilakukan oleh teman bermainnya, tapi setelah dikonfirmasi ternyata anak kelas IV sekolah dasar itu menderita luka bakar akibat bermain mercon bambu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya