SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja saat mencuci pesawat N-250 Gatotkaca salah satu koleksi pesawat di Muspusdirla Jogja, Kamis (1/6/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Solopos.com, BANTUL — Pesawat N-250 Gatotkaca yang merupakan mahakarya BJ. Habibie menjadi salah satu koleksi di Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Karangjambe, Bangunatapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakata. Pada Kamis (1/6/2023), pesawat tersebut dicuci.

“Pesawat N-250 Gatotkaca merupakan mahakarya BJ. Habibie, saat menjabat sebagai Menristek. Pesawat yang pernah singgah di 40 negara ini, masuk Muspusdirla pada 2020 untuk menginspirasi generasi muda,” kata Kepala Muspurdirla Kolonel Sus Yuto Nugroho, Kamis.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Yuto Nugroho mengatakan museum memiliki penjadwalan secara rutin dalam merawat dan mencuci sejumlah koleksi museum. Untuk mencuci koleksi pesawat diutamakan pesawat-pesawat yang diletakkan di luar gedung.

Kolonel Sus Yuto Nugroho menyampaikan Gatotkaca merupakan nama salah satu pesawat koleksi Muspusdirla. Pesawat yang diproduksi Industri Pesawat Terbang Nusantara ini masuk ke Muspusdirla pada 2020.

Dia menjelaskan pemberian nama N-250 Gatotkaca bukan tanpa alasan. Kode N memiliki arti Nusantara yang menunjukkan bahwa proses desain hingga produksinya dikerjakan di Indonesia. Sedangkan Gatotkaca merupakan nama pemberian Presiden ke-2 RI, Soeharto.

“Angka 250 berati pesawat Gatotkaca memiliki 2 mesin dan 50 menunjukkan kapasitas pesawat dengan 50 penumpang,” terang Kolonel Sus Yuto.

Muspusdirla memiliki koleksi pesawat 61 unit, penempatannya 40 berada di dalam gedung, 21 dipamerkan di luar gedung.

Berita ini telah tayang di Harianjogja,com dengan judul Pesawat N-250 Gatotkaca Mahakarya BJ Habibie Dicuci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya