SOLOPOS.COM - Peresmian Nurata Art House, Kamis (1/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bertepatan Hari Lahir Pancasila yang juga merupakan tanggal kelahiran I Gusti Nengah Nurata, “Nurata Art House” resmi dibuka, Kamis (1/6/2023).

Acara juga diisi dengan “Pameran Perjalanan Karya Seni Rupa I Gusti Nengah Nurata”. Kegiatan ini  dibuka Rektor ISI Solo I  Nyoman  Sukerna dan Oei  Hong  Djien, seorang kurator dan pendiri OHD Museum di Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Prof. Dr. FX. Mudji Sutrisno Budayawan yang juga seniman, dan Putu Sutawijaya pendiri Galeri Sangkring Art Space Yogyakarta tampak hadir dan memberikan sambutannya.

Layaknya sebuah reuni, sejumlah tokoh dan seniman hadir dari berbagai kota dan beberapa pejabat dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Perjalanan Nurata Art house diawali dari tahun 1986 yang merupakan pengembangan dari Nurata Fine Art Studio, yakni pengembangan dalam hal pemanfaatan ruang atau space.

Rumah seni mini pribadi ini dibangun sebagai salah satu kantong seni rupa Indonesia dan antar negara adalah rumah seni yang memiliki beberapa space yakni ruang penyajian karya seni rupa pribadi, ruang berkarya seni rupa, ruang belajar seni rupa untuk warga asing sekaligus sebagai sarana promosi budaya bangsa dan ruang keluarga.

Nurata Art House dengan karya-karya yang tersaji  seperti karya seni lukis, karya seni patung, karya seni gambar, karya seni grafis, dan sketsa, dan aktivitas kreatif di dalamnya bisa dijadikan sebagai ajang edukasi.

Lokasi ini menjadi ajang studi lapangan bagi mahasiswa seni rupa, guru dan dosen seni rupa, perupa akademis dan non akademis dari dalam dan luar negeri.

Nurata Art House bisa juga sebagai ajang kunjungan pemerhati, pengamat, pecinta, penulis, peneliti, dan berbagai pihak lainnya untuk berbagai kepentingan terkait dengan keberadaan karya seni rupa yang tersaji dan aktivitas seni rupa yang ada di dalamnya.

Dibangunnya Nurata Art House ini merupakan wujud dari pertanggungjawaban Nurate sebagai perupa dan mantan pendidik formal seni rupa di ASKI/STSI/ISI Solo untuk senantiasa mengabdi di ranah seni rupa nasional dan internasional.

I Nyoman Sukerna dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendirian Nurata Art House merupakan kabar  gembira yang memunculkan harapan tersendiri.

“Semoga selain akan menambah ruang pembelajaran baru bagi mahasiswa ISI Surakarta khususnya, untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dalam berkarya, juga akan selalu menjadi jembatan penghubung antara  tenaga pendidik dan mahasiswa di ISI Surakarta dengan I Gusti Nengah Nurata dalam transformasi ilmu dan  pengalaman sebagai sosok seniman yang pernah secara formal menjadi pendidik di ISI Surakarta,” kata dia.

“Saya  yakin  bahwa  pendirian  Nurata  Art  House  ini  akan  semakin  memperkaya  ruang  bagi  seluruh  masyarakat  pecinta  dan  penikmat  karya  seni  rupa  untuk  berefleksi  dan  berkontemplasi,  memunculkan  perspektif  yang  baru  dalam  melihat  dan  menikmati  kehidupan,” jelas  dia.

dr.  Oei  Hong  Djien,  lulusan  kedokteran  yang  jatuh cinta dengan seni rupa, menyatakan  I  Gusti  Nengah  Nurata  adalah  seorang  seniman  unggulan  yang  dikenalnya  sejak  lama.

Namanya  di  komunitas  seni  tak  butuh  perkenalan  apalagi  pujian,  Ia  telah  melewati  itu  semua.  Karyanya  tak  perlu  cerita  karena  sudah  bercerita  sendiri.

“Seniman  I  Gusti  Nengah  Nurata  memberi  hadiah  penting  di  tahun  2023,  dengan  membuka  dan  meresmikan  Nurata  Art  House  kecil  nan  indah.  Bangunan  besar,  mewah  bukan  ukuran  utama  bagi  rumah  seni,  Yang  penting  isi  dan  aktivitasnya    memberikan  kontribusi  untuk  dunia  seni  rupa.  Semoga  Nurata  Art  House  akan  terus  berkembang  dan  lestari.  Selamat  dan    terima kasih  sahabatku  Nengah  Nurata,” kata dia.

Dengan banyaknya pengalaman I  Gusti  Nengah  Nurata dalam mengikuti pameran baik nasional maupun internasional sejak tahun 1969.

Pengalaman mengajar, workshop, juri dan sebagai narasumber kegiatan seni rupa, juga berbagai penghargaan yang diperolehnya selama ini. Keberadaan Nurata Art House dengan sajian karya seni rupa dan aktivitas seni rupanya akan berdaya guna bagi kalangan perupa dalam dan luar negeri, serta bagi kehidupan seni rupa nasional dan internasional.

Nurata  Art  House  berada  di  Perum. UNS  Jl.  Pembangunan  IV  No.  81 Jati,  Jaten,  Karanganyar,  Jawa  Tengah. Pameran berlangsung hingga 10 Juni 2023 dan buka Senin-Sabtu, 10.00 WIB-16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya