Jadi Kadiv Propam Gantikan Sambo, Syahar Diantono Ternyata Asli Blora

Menggantikan Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri, Syahar Diantono ternyata wong asli Blora, Jawa Tengah.

 Ilustrasi polisi. (Dok. Solopos.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, BLORA — Irjen Pol Syahar Diantono yang menggantikan posisi Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri ternyata wong asli Blora, Jawa Tengah.

Mantan Wakabareskrim Polri ini lahir di Blora, 2 Februari 1970. Dia tercatat sebagai lulusan Akpol 1991.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Pria berusia 52 tahun ini kariernya banyak tercatat di bidang reserse. Sebelum menjabat Wakabareskrim Polri, Irjen Pol Syahar Diantono pernah menjabat di sejumlah daerah.

Seperti diulas Solopos.com sebelumnya, Syahar Diantono yang asli Blora ini pernah menjabat sebagai Kapolres Pasuruan pada 2010. Kemudian, dia menempati posisi Wadirrekrimus Polda Jatim pada 2011.

Baca Juga: Ferdy Sambo, Sang Jenderal Bintang 2 Termuda yang Terancam Hukuman Mati

Selanjutnya, karier dia berlanjut sebagai Kasubdit VI Dittipideksus Bareskrim Polri pada 2012 dan Dirreskrimsus Polda Kepri pada 2014.

Pada tahun 2016, Syahar Diantono menjadi Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdikpol Polri dan Analis Kebijakan Madya bidang Sespimmen Sespim Lemdikpol Polri.

Baca Juga: 31 Polisi Terlibat Kasus Brigadir J, Setinggi Apa Pangkat Ferdy Sambo?

Pada 2018, pria asli Blora ini menjabat Kabagpenum Divhumas Polri. Selanjutnya, Syahar Diantono menjadi Karo Pid Divhumas Polri pada 2019.
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan, mengatakan Irjen Pol Syahar Diantono harus bisa membenahi personel Propam yang sempat tercoreng kasus pembunuhan Brigadir J.

“Penunjukan Kapolri kepada Irjen Pol Syahar Diantono sebagai Kadiv Propam sangat tepat. Dia selama ini dikenal sangat tegas dan tidak mengenal kompromi,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Arti Brigadir dan Bharada dalam Pangkat Polisi, Lengkap dengan Gajinya

Dia berharap pengganti Irjen Pol Ferdy Sambo ini bisa membenahi Div Propam Polri. Sejumlah anggota Divisi Propam Polri diduga tidak melakukan tugas secara profesional saat menangani kasus penembakan Brigadir J. “Tindakan tersebut telah melukai hati masyarakat dan harus ada tindakan tegas untuk itu,” katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi 15 orang perwira akibat kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabar alias Brigadi J di rumah dinas Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022.

Baca Juga: Peran 4 Tersangka dalam Kasus Brigadir J, Termasuk Ferdy Sambo

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Pengeroyokan di Dekat MAJT Semarang Meninggal, 7 Orang Diringkus

      Polisi menangkap tujuh pelaku pengeroyokan yang korbannya meninggal dunia setelah sebelumnya ditemukan di depan kompleks MAJT Semarang.

      Padat Karya, Semen Gresik Bangun Tebing Sungai Rp175 Juta di Pasucen Rembang

      Bantuan infrastruktur dari Semen Gresik ini merupakan kegiatan padat karya dengan melibatkan para pekerja lokal desa.

      Program Sami Bingah Bank Salatiga, Solusi UMKM agar Tak Terjebak Rentenir

      Program Sami Bingah Bank Salatiga diluncurkan guna mencegah pelaku UMKM terjebak dalam lingkaran pinjaman rentenir dan pinjaman online.

      Marak Kasus Kekerasan Seksual di Jepara, Mayoritas Korban Anak di Bawah Umur

      Kasus kekerasan seksual di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), tergolong tinggi dengan hampir seluruh korban merupakan anak di bawah umur.

      Catat, KPU Salatiga Butuh 5.918 Tenaga Penyelenggara Pemilu 2024

      Sebagai persiapan Pemilu 2024, KPU Kota Salatiga membutuhkan setidaknya 5.918 orang yang dibutuhkan sebagai badan ad hoc penyelenggara pemilu mulai dari KPPS, PPS hingga PPK.

      Solo Valley Werken, Proyek Gagal Belanda di Lembah Sungai Bengawan Solo

      Pemerintah Hindia Belanda pernah menginisiasi Solo Valley Werken, proyek pengendalian banjir dan pembuatan jaringan irigasi yang termahal pasca-perang Jawa, namun sayangnya gagal.

      Bahan Baku Menipis, Pengrajin Eceng Gondok Rawa Pening Berburu ke Luar Daerah

      Stok eceng gondok di Rawa Pening semakin menipis seiring dimulainya proyek revitalisasi. Untuk mencukupi kebutuhan barang baku kerajinan, para pengrajin berburu eceng gondong ke Demak dan Purwodadi.

      4 Mantan Teroris Beri Kuliah Umum di Udinus Semarang

      Empat eks napi teroris (napiter) memberi materi dalam kuliah umum Refreshing Kepemimpinan, Pencegahan Faham Radikalisme dan Terorisme Untuk Aktivitas Organisasi Kemahasiswaan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

      Siap-Siap, Bansos Rp2,3 Miliar untuk Warga Salatiga Segera Cair

      Anggaran bansos senilai Rp2,3 miliar disiapkan Pemkot Salatiga untuk program pengendalian dampak pengalihan subsidi BBM dan pengendalian inflasi 2022.

      Long Weekend, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Semarang

      Berikut rekomendasi sejumlah tempat wisata yang mengusung konsep keluarga di wilayah Semarang Raya.

      Masa Kejayaan Hotel Dibya Puri Semarang, Langganan Para Artis hingga Menteri

      Sebelum berhenti beroperasi pada 2008, Hotel Dibya Puri Semarang menjadi langganan menginap para artis hingga kalangan menteri pada era Orde Baru.

      Tak Tampak 3 Hari, Nenek 80 Tahun di Semarang Ditemukan Meninggal dalam Rumah

      Warga Kampung Bulustalan, Semarang Selatan, digegerkan dengan penemuan mayat warga lansia atau nenek berusia 80 tahun di dalam rumah.

      Setahun, 2.800 Tenaga Honorer di Cilacap Diangkat Jadi ASN

      Sebanyak 2.800-an tenaga honorer di lingkungan Pemkab Cilacap telah diangkat sebagai ASN, baik CPNS maupun PPPK, dalam kurun waktu 2021-2022.

      Geger, Mayat Bayi Laki-Laki Ditemukan Dekat Gereja di Jepara

      Penemuan mayat bayi di lingkungan gereja di Desa Welahan, Jepara, menimbulkan misteri terkait sosok pembuangnya.

      Diduga Jadi Tempat Prostitusi, Kompleks Karaoke Cumpleng Indah Blora Ditutup

      Pemerintah Kabupaten Blora resmi menutup kompleks hiburan malam karaoke Cumpleng Indah karena diduga menjadi praktik prostitusi.