Tutup Iklan

Jadi Kabupaten Kreatif, Karanganyar akan Kembangkan 17 Potensi Ekonomi

Meski mengunggulkan kesenian tradisional dalam pencalonan Kabupaten Kreatif, Pemkab Karanganyar memastikan akan mengembangkan pula potensi lain yang bisa meningkatkan ekonomi.

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sadiaga Uno mengikuti tari lesung saat mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (9/10/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sadiaga Uno mengikuti tari lesung saat mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (9/10/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabupaten Karanganyar akhirnya ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif dalam program pemilihan Kabupaten/Kota Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama 10 daerah lainnya. Surat Keputusan (SK) bagi 11 daerah ini akan diberikan Kemenparekraf di Samarinda, Kalimantan Timur, 30 November 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan pencapaian ini merupakan kerja bersama semua unsur. “Ini adalah kerja bersama dan kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungannya. Termasuk kepada media massa yang memberikan andil dalam mempublikasikan potensi-potensi yang ada di Karanganyar,” ujarnya, Kamis (25/11/2021).

Karanganyar yang dalam program kabupaten/kota kreatif ini mengunggulkan seni pertunjukan akan mengoptimalkan semua potensi yang ada. “Yang kami unggulkan dalam lomba kabupaten/kota kreatif ini memang seni pertunjukan. Tetapi kami punya 17 unggulan ekonomi kreatif lainnya. Jadi tidak hanya seni pertunjukannya yang akan dikembangkan,” imbuh Titis.

Baca Juga: Disdikbud Karanganyar akan Tambah Durasi PTM Mulai Semester Depan

Sementara itu, salah satu pegiat seni pertunjukan yang juga Ketua Seniman Karanganyar (Sekar), Joko Dwi Suranto, mengatakan hal senada dengan Titis. Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja bersama semua pihak.

“Kami bersyukur alhamdulillah Karanganyar menjadi salah satu daerah kreatif di Indonesia. Ini merupakan pencapaian sangat baik. Semuanya ikut andil dan kami mengharapkan semua sektor maju bersama-sama,” ujarnya.

Ia berharap dengan label Kabupaten Kreatif yang mengunggulkan seni pertunjukan, Karanganyar segera mewujudkan untuk memiliki gedung seni pertunjukan yang dapat mewadahi kegiatan para seniman. “Harapan kami segera bisa dibangun taman budaya yang bisa digunakan sebagai pusat kegiatan seni budaya,” harapnya.

Baca Juga: Nominasi Kabupaten Kreatif, Karanganyar Optimistis Bangkit saat Pandemi

Sementara itu, selain tengah membangun Gedung Teater, Karanganyar juga berencana membuat pusat kebudayaan di lahan yang saat ini berdiri Gedung Wanita. Pembangunan fasilitas ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Pemkab memastikan pembangunan ulang Gedung Wanita tahun depan dengan anggaran Rp20 miliar.

Bersama dengan Gedung Teater, Gedung Wanita baru ini digadang-gadang menjadi kawasan pusat kebudayaan dan kesenian bagi warga Bumi Intanpari.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tertahan, Simpanan Anggota KSP SB Solo Ada yang Sampai Rp570 Juta Lho

Nilai uang simpanan para anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo yang masih tertahan hingga saat ini bervariasi dan ada yang mencapai Rp570 juta seorang.

Djaran Goyang-Magbul, Ini Merek Rokok Ilegal Dimusnahkan di Sukoharjo

Ribuan bungkus rokok ilegal hasil sitaan Kantor Bea dan Cukai Surakarta dalam ratusan kali operasi penegakan selama 2020-2021 dimusnahkan di Sukoharjo.

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.