SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA: Salah satu yang harus dipersiapkan calon pengusaha adalah pembuatan rencana yang tepat. Namun jika rencana yang dibuat terlalu rumit dan njlimet, justru mengganggu kesiapan usaha itu sendiri. Demikian disampaikan Pietra Sarosa dari Sarosa Consultant, dalam seminar Bisnis Indonesia Young Entrepreneur Awards, di FE Atmajaya, kemarin.

Dia menjelaskan bagaimana profesi pengusaha (entrepreneur) menjadi pilihan dan solusi bagi pengangguran.
“Saat ini lebih banyak orang cari duit daripada cari kerja, menjadi enterpreneur perlu perjuangan,” papar Pietra. Lebih lanjut dia menerangkan, jadi entrepreneur, tahap yang harus dilalui adalah pembentukan ide, pemantapan ide ke dalam plan dan action dalam plan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Percuma kalau punya ide bagus, rencana bagus, tapi telat bertindak. Harus berani risiko,” imbuhnya. Dia juga menyarankan agar para calon entrepreneur maupun yang sudah pengusaha tulen, selalu belajar memahami perubahan lingkungan.

Even-even yang mengasah ketajaman entrepreneur menjadi menu wajib jika ingin berkembang. “Makanya, bagi yang sudah punya usaha, atau bahkan baru punya ide, bisa ikut Bisnis Indonesia Young Entrepreneur Awards ini, karena pengalaman dan komunikasi yang bisa didapat sangat besar manfaatnya,” ujarnya mantap.

Hal senada disampaikan Noor Arief, Direktur PT Aseli Dagadu Djogja. Menurut dia, sebagai calon pengusaha, ide inovatif harus digali. “Tak harus baru, bisa dari yang sudah ada, tapi bagaimana mengemasnya menjadi sesuatu yang beralternatif baru,” jelas Arief. Dia menyarankan, jika belum memiliki ide, calon pengusaha bisa mengawalinya dari kegemaran yang ia jalani saat ini.

Tentu harus ditambahkan dari sisi bisnisnya juga. “Berilah value pada produk, meski mungkin sepele, tapi dengan behind story bagus, produk akan menjadi menarik,” kata Arif. Dalam Seminar kemarin juga ikut mengisi acara, Ketua Pusat Studi Kewirausahaan Atmajaya, Sidharta Boy Raharjo, serta Manajer Iklan Bisnis Indonesia, Triyo Hariyanto.

Oleh Galih Kurniawan
HARIAN JOGJA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya