Jadi Daya Tarik Baru Rawa Jombor, Perahu Wisata Minta 2 Dermaga

Pembuatan dermaga itu diharapkan bisa mendukung pengoperasian perahu wisata yang belakangan menjadi daya tarik baru di Rawa Jombor seiring hilangnya warung apung.

 Suasana Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, yang dimanfaatkan untuk kegiatan perahu wisata. Foto diambil Minggu (23/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Suasana Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, yang dimanfaatkan untuk kegiatan perahu wisata. Foto diambil Minggu (23/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Pengusaha perahu wisata tradisional di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, berharap rencana pembangunan dua dermaga di waduk tersebut benar-benar terealisasi. Pembuatan dermaga itu diharapkan bisa mendukung pengoperasian perahu wisata yang belakangan menjadi daya tarik baru di Rawa Jombor seiring hilangnya warung apung.

Perahu wisata di Rawa Jombor menggeliat sejak 2019 lalu. Selain perahu wisata, wahana air lainnya yakni speed boat. Kini ada 46 perahu wisata tradisional serta 10 speed boat di Rawa Jombor yang dikelola warga setempat.

PromosiInsentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Ketua Paguyuban Perahu Wisata Tradisional Rawa Jombor, Sutomo, mengatakan sesuai master plan yang pernah disampaikan kepada warga pemanfaat waduk tersebut, bakal ada dua dermaga di Rawa Jombor. Satu dermaga direncanakan berada di sisi timur waduk yang berdampingan dengan Plaza Nyi Ageng Rakit. Satu dermaga lainnya berada di sisi utara Rawa Jombor atau selatan Bukit Sidoguro.

Baca Juga: Naik Perahu, Speed Boat, & Skuter Listrik Rawa Jombor, Segini Tarifnya

“Harapan kami bisa sesuai rencana ada dua dermaga di Taman Nyi Ageng Rakit dan dermaga lama di selatan Bukit Sidoguro,” kata Sutomo, Kamis (27/1/2022).

Sutomo menjelaskan harapan agar pembangunan dua dermaga itu benar-benar direalisasikan lantaran pelaku usaha wisata tradisional terancam tak memiliki akses yang bebas seperti saat ini untuk melabuhkan kapal sekaligus menjadi akses keluar-masuk penumpang. Pasalnya, kawasan di tepian waduk bakal dikelilingi jalur pedestrian dilengkapi dengan talut.

Selama ini, para pemilik perahu wisata membuat dermaga sendiri untuk akses keluar-masuk penumpang. Sementara itu, proyek pembangunan jalur pedestrian keliling Rawa Jombor sudah bergulir sejak 2021 dan direncanakan berlanjut pada 2022.

Baca Juga: Ada Skuter Listrik, Wahana Wisata di Rawa Jombor Semakin Beragam

“Setelah ada jogging track, otomatis nanti tidak ada akses masuk ke perairan Rawa Jombor untuk kegiatan perahu wisata. Kalau hanya mengandalkan dermaga di sisi timur, kendalanya ketika eceng gondok banyak perahu tidak bisa bersandar. Oleh karena itu, kami berharap ada dua dermaga di sisi timur Rawa Jombor dan sisi selatan Bukit Sidoguro,” ungkap dia.

Sutomo menjelaskan sebelumnya hanya ada satu dermaga di Rawa Jombor yang berlokasi di sisi selatan Bukit Sidoguro. Dermaga tersebut sudah ada dan diresmikan oleh Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sri Susuhanan Paku Buwono X. Dermaga tersebut sebagai pusat tempat berlabuh getek yang menjadi perahu tradisional di Rawa Jombor dan hingga kini masih dilestarikan para petani ikan.

“Ketika nanti ada dua dermaga, perahu bisa berjalan secara bergiliran dan penumpang bisa naik dari dermaga di sisi selatan Bukit Sidoguro berjalan ke dermaga di sisi timur waduk yang dekat dengan Taman Nyi Ageng Rakit untuk transit sekitar 30 menit, kemudian kembali lagi,” jelas dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Ratusan Orang Berkumpul di Joglo Sunyan Klaten, Ada Apa?

Ratusan orang di Klaten, Jawa Tengah mengikuti Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) tahun 2022 yang digelar DPC PDIP Klaten, Jumat (20/5/2022) untuk ikut memecahkan rekor Muri dengan peserta terbanyak.

Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

Salah satu daya tarik Kabupaten Klaten, yakni menyimpan deretan candi bersejarah.

61 CPNS & 788 PPPK Terima SK, Bupati Sragen: Jangan Terus Beli Mobil!

Sebanyak 61 CPNS dan 788 PPPK mendapatkan SK pengangkatan, Jumat (20/5/2022), Bupati Sragen berpesan jangan menambah motor atau mengganti dengan mobil.

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.