SOLOPOS.COM - Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). (Antara/Wahyu Putro A)

Solopos.com, SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Tetty Paruntu ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Tetty tiba ke Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019) sekitar pukul 10:08 WIB.

Tetty tampil anggun menggunakan kaca mata hitam berbaju putih. Tetty hanya tersenyum dan langsung berlalu menuju ke Komplek Istana Kepresidenan Merdeka, dan Istana Negara.

Promosi BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun dari Laba 2023

Christiany Eugenia Tetty Paruntu merupakan Bupati Minsel periode 2010-2015. Ia merupakan politisi Partai Golkar dan merupakan salah satu kepala daerah perempuan yang diketahui jumlahnya tidak banyak di Indonesia.

Mengutip CNBC Indonesia, Tetty berasal dari keluarga terpandang di Sulawesi Utara. Ayahnya adalah mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi Jopie Paruntu, sementara ibunda Jenny Y Tumbuan adalah politikus dan pernah menjabat sebagai anggota DPR.

Tetty merupakan ibunda dari Adrian Jopi Paruntu, anggota DPR yang tergolong milenial namun memiliki kekayaan miliaran. Berdasarkan data LHKPN KPK, Adrian memiliki harta kekayaan Rp 1,64 miliar.

Tetty menyelesaikan pendidikan di SD Budi Mulia Bogor, SMP Budi Mulia Bogor, Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington - Notingham, Inggris. Setelah itu dia melanjutkan di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis.

Di dunia Usaha Tetty pernah berkarir sebagai Presiden Direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia, Presiden Direktur PT Chandra Ekakarya Pratam, dan Direktur PT Partim Indomakmur. Sebelumnya, Tetty sempat menjadi komisaris PT Chandra Ekakarya Pratama (1999-2006) dan PT Trutama Star (2004-2009). Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di bidang distribusi, alat-alat berat, perangkat telekomunikasi, dan perkapalan.

Berikut rekam jejak Tetty dikutip dari laman ensiklopedia bebas Wikipedia, Senin siang pukul 11.51 WIB.

Karier
Presiden Direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia
Komisaris PT Trutama Star
Komisaris PT Chandra Ekakarya Pratama
Direktur PT Partim Indomakmur
Presiden Direktur PT Chandra Ekakarya Pratama

Penghargaan
Best Dressed Woman Indonesia (1992)
Penghargaan dari Lions Club International (2007)
Penghargaan Ibu Pembangunan Desa dari Manado Post (2009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya