SOLOPOS.COM - Ilustrasi Citilink Solo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/dok)

Transportasi Solo, penerbangan Citilink ditambah.

Solopos.com, SOLO — Penerbangan melalui Bandara Adi Soemarmo terus bertambah. Citilink tercatat mulai menambah jadwal dari tiga kali menjadi empat kali sehari sejak Rabu (7/9/2016) karena tingginya permintaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sales Representative Citilink Solo, Cahyo Katon, mengatakan maskapai low cost carrier (LCC) ini memilki jadwal keberangkatan dari Solo pukul 08.45 WIB, 11.40 WIB, 15.40 WIB, dan 17.45 WIB.

Dia mengatakan penambahan jadwal ini karena permintaan masyarakat sangat tinggi mengingat lokasi Bandara Halim Perdana Kusuma yang strategis, yakni berada di tengah kota sehingga memudahkan akses penumpang.

“Permintaan masyarakat tinggi, rata-rata load factor 87%-88%. Untuk jadwal baru, load factor selalu lebih dari 80%,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di Benteng Vastenburg, Kamis (15/9/2016).

Dia mengungkapkan kebanyakan penumpang adalah pebisnis. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah mengurangi anggaran lembaga kementerian dan pemerintah daerah (pemda) tidak berpengaruh banyak terhadap jumlah penumpang anak perusahaan Garuda Indonesia ini.

Katon mengatakan Citilink sedang mengkaji membuka rute baru, yakni Solo-Denpasar. Dia menilai potensi rute ini cukup besar. Hal ini karena banyak pengusaha Solo yang memiliki gerai di Bali. Selain itu, Candi Sukuh dan Candi Cetho di Karanganyar yang merupakan tempat peribadatan penganut Hindu juga dinilai mampu meramaikan rute ini.

Penerbangan Lanjutan

Dia mengatakan potensi belum banyak sehingga hingga saat ini masih memanfaatkan connecting melalui Jakarta. Dia menilai Solo memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa dimanfaatkan untuk menarik inbond atau wisatan datang.

Bandara Adi Soemarmo bisa dimanfaatkan menjadi gate atau pintu masuk untuk menuju ke pantai di Wonogiri dan Pacitan, wisata alam lain ke Karanganyar, dan wisata sejarah ke Museum Sangiran Sragen.

Menurut dia, produk unggulan di masing-masing daerah juga perlu untuk didorong mengembangkan wisata. Hal ini supaya bisnis pariwisata menjadi lebih hidup dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan memperingati ulang tahun ke-4, Citilink mengadakan program Pesta Udara Terbang Hemat,hadiah Dahsyat pada 23 Mei-30 November. Program ini menawarkan 44 paket liburan Citilink Trip, empat paket umrah, dan grandprize berupa tiga mobil Fiat 500. Bagi member Supergreen, apabila mengikuti program ini memiliki kesempatan empat kali lebih besar.

“Citilink memiliki member card yang saat ini lebih dari 70.000. Cara mendaftar mudah, bisa melalui website Citilink,” kata dia.

Selain memiliki kesempatan lebih besar, member juga berhak diskon 3% untuk tiket sekali perjalanan. Sedangkan diskon 5% berlaku untuk setiap pembelian tiket pergi-pulang untuk semua pelanggan.

Maskapai ini juga terus berupaya mengenalkan diri ke masyarakat, salah satunya menjadi salah satu pengisi booth Kreasso (Kreativitas Anak Sekolah Solo) 2016 di Benteng Vastenburg. Hal ini karena tidak sedikit anak muda dan anak sekolah yang menjadi penumpang Citilink. (Asiska Riviyastuti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya