SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Meski baru sehari jabatan Sekda Gunungkidul kosong setelah kepergian almarhum Joko Sasono, DPRD Gunungkidul sudah mendesak Bupati agar segera menunjuk pelaksana harian (Plh) Sekda.

Menurut Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Sutata, jika tidak segera ditentukan pilihan pengganti sementara maka akan berdampak pada sistem administrasi di lingkungan Pemkab Gunungkidul serta beberapa pemerintahan di bawahnya seperti pedesaan. Apalagi saat ini menjelang laporan akhir tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya pikir harus sesegera mungkin ditunjuk Plh, apalagi saat ini akhir tahun banyak laporan yang harus segera diselesaikan,” ungkap Sutata kepada Harian Jogja, Senin (19/12) usai melayat di rumah duka, Gadungsari, Wonosari.

Ekspedisi Mudik 2024

Soal siapa yang paling cocok menggantikan Joko Sasono, Sutata tak berkomentar secara spesifik. Ia yakin Bupati Badingah sudah memiliki pilihan yang sesuai untuk menggantikan sebagai pejabat sementara. Namun menurut dia pemilihan tersebut harus selektif dengan mempertimbangkan berbagai hal yang komprehensif agar proses kesekretariatan di lingkungan Pemkab bisa diatasi pengganti Sekda dengan maksimal.

“Jangan lama-lama satu atau dua hari ke depan harus sudah ada pengganti sementara,” imbuhnya.

Meninggalnya Joko Sasono membuat sejumlah jabatan lainnya selain sekda juga turut kosong seperti Dewan Pengawas Bank Daerah Gunungkidul (BDG) serta Dewan Pengawas PDAM Tirta Handayani Gunungkidul.

Dari pantauan Harian Jogja, Senin (19/12) ribuan pelayat dari seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Gunungkidul dan masyarakat umum datang menyampaikan bela sungkawa di rumah duka Gadungsari, Wonosari. Jenazah Joko Sasono diberangkatkan dari rumah duka sekitar pukul 10.00 WIB menuju pemakaman Jeruksari Wonosari.(Harian Jogja/Sunartono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya