SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salatiga (Solopos.com)–Jabatan Direktur Utama PDAM Kota Salatiga sejak beberapa waktu terakhir kosong, setelah ditinggalkan Darmina yang telah habis masa kerjanya pada awal Maret 2011 ini.

Kepala Bagian Umum dan Keuangan, Samino, ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Dirut PDAM, sampai ditunjuk Dirut yang baru oleh walikota. Pergantian pucuk pimpinan di perusahaan pelat merah yang terkesan diam-diam ini dibenarkan oleh Kabag Humas Setda Kota Salatiga, Prasetyo Ichtiarto, Senin (14/3/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengaku hanya mengetahui jika Darminta sudah tidak lagi menjabat sebagai Dirut PDAM, dan posisinya sementara ini diserahkan ke Samino. “Sejak kapan diganti, saya tidak tahu. Nanti ada jumpa pers,” jelasnya, saat dikonfirmasi Espos, Senin.

Ketua Komisi II DPRD Kota Salatiga yang membidangi perusahaan daerah, Toto Suprapto, mengaku belum mengetahui soal pergantian pucuk pimpinan PDAM tersebut. ia juga mengatakan belum ada pemberitahuan dari Walikota John Manuel Manoppo terkait hal itu. “Saya dengar memang akan ada pergantian Dirut PDAM, kalau kosong atau sudah diisi saya belum tahu. Siapa pejabat sementara yang mengisi juga belum tahu,” tuturnya.

Meski Walikota memiliki hak untuk menunjuk siapa pengisi jabatan Dirut PDAM selanjutnya, namun menurut Toto, akan lebih bijaksana jika DPRD dilibatkan. Seperti yang dilakukan saat pengisian jabatan Direktur Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU). “Kalau mekanisme itu ditempuh akan lebih harmonis. Kalau sepihak kurang arif,” jelas dia.

Toto menambahkan, dengan dua periode menjabat sebagai Dirut PDAM, Darminto sudah tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai penjabat Dirut PDAM selanjutnya. Karena, menurutnya, ada aturan yang membatasai jabatan Dirut hanya bisa dipegang dua kali periode.

(kha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya