SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri dijadwalkan menggelar rapat penyusunan agenda seleksi terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi (JPT), Senin (31/10/2022). Hal ini menyusul adanya kekosongan jabatan tiga kepala dinas.

“Insyaallah, Senin kami akan mulai rapat panitia penyelenggara. Kami susun agenda, jadwal seleksi, dan lain-lain,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono, kepada Solopos.com, Jumat (28/10/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai informasi, tiga jabatan kepala dinas yang kosong itu meliputi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispera KPP), dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Kepala Dispendukcapil sebelumnya, Sungkono, melepas jabatannya lantaran memasuki masa pensiun. Perannya digantikan seorang pelaksana tugas (Plt), yakni Sekretaris Dispendukcapil, Herdian.

Sedangkan Kepala Dispera KPP sebelumnya, Aris Tri Budoyo, dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik. Proses mutasi itu resmi dilakukan, pertengahan Oktober lalu. Perannya diganti seorang Plt, yakni Sekretaris Dispera KPP, Purwadi.

Baca Juga: Petahana Tak Maju Lagi, Wajah Baru Bermunculan di Pilkades Tawangrejo Wonogiri

Sementara, Kepala Disdikbud sebelumnya, Yuli Bangun Nursanti, kini menjadi Dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Ia resmi berpindah status sebagai dosen sejak awal September lalu.

Perannya digantikan seorang Plt, yakni Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Wonogiri, F.X. Pranata.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Djoko Purwidyatmo, mengatakan ada sejumlah tahapan yang bakal dilalui dalam proses seleksi JPT. Tahapan itu meliputi pengumuman, tes tertulis dengan teknologi computer assisted test (CAT), diskusi dengan tim penguji, membuat makalah, dan pengujian makalah oleh tim penguji.

Baca Juga: 332 Pejabat Wonogiri Dilantik, Rahmat Imam Santosa Kini Jadi Kepala Kesbangpol

Adapun tim pengujinya, meliputi tim independen, akademisi, pemerintah provinsi, dan Sekda Wonogiri.

“Berdasar pengalaman, ada sekitar lima penguji. Terkait pelaksanaan JPT biasanya dimulai dari tes tertulis CAT dulu. Dilaksanakan selama dua hari,” ujar mantan camat Wonogiri itu kepada Solopos.com, belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya