SOLOPOS.COM - Mobil Esemka (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Mobil Esemka (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO — Setelah lolos uji emisi dan mengantongi Surat Uji Tipe (SUT) kendaraan, Esemka akhirnya meraih izin perdagangan dari Kementerian Perindustrian. Adanya izin tersebut memuluskan rencana Esemka untuk ber-launching di Solo Techno Park (STP), 10 November.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Beberapa waktu lalu kami sudah mendapat tanda pendaftaran tipe dari Kementerian Perindustrian. Artinya, Esemka sudah siap dipasarkan,” ujar Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Joko Susilo, saat ditemui di STP, Selasa (6/11/2012).

Menurut Joko, saat ini Esemka tinggal menunggu keluarnya STNK dan BPKB dari kepolisian. Hingga kini pihaknya masih menunggu proses terbitnya kelengkapan berkendara tersebut. Meski demikian, Joko memastikan belum adanya STNK dan BPKB tak akan mengganggu launching Esemka.

“Launching tetap sesuai jadwal. Nanti akan ada pameran produk juga dari UKM yang memproduksi komponen Esemka,” terang dia.

Dalam pameran tersebut, pihaknya membuka pintu bagi warga yang ingin memesan Esemka Rajawali maupun Esemka Bima. Joko memerkirakan Rajawali yang bertipe SUV akan dibanderol Rp140 juta-an per unit. Sementara Bima yang bertipe mini truck dipasangi harga Rp60 juta-an per unit.

“Harga masih mungkin berubah tergantung harga bahan baku. Kalau sudah diproduksi massal mungkin bisa lebih murah harganya,” tutur Joko.

Untuk produksi awal, pihaknya menakar 1.000 unit Esemka per tipe siap dirakit di sejumlah pabrik di Solo dan sekitarnya. Di sisi lain, pihaknya juga berupaya menyesuaikan dengan permintaan masyarakat. “Produksi massal rencananya mulai sekitar Desember 2012 hingga Januari 2013,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan dan Pengembamgan STP, Gampang Sarwono, mengungkapkan jumlah pesanan Esemka hingga kini menembus 10.000 unit. Setelah launching 10 November, pihaknya akan mengonfirmasi kepastian pemesanan tersebut.

Sebelumnya, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, optimisitis peluncura resmi Esemka tinggal menunggu waktu. Walikota bahkan menantang masyarakat untuk membuktikan nasionalisme dengan mendukung Esemka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya