SOLOPOS.COM - Suasana Sarasehan Nasional bertemakan Menyoal Konten Hoax dalam Berita Viral yang digelar IWO Jateng di Wisma Pedamaian, Semarang, Selasa (26/9/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Y.S.)

Ikatan Wartawan Online (IWO) Jateng kepengurusannya resmi dibentuk.

Semarangpos.com, SEMARANG Hoax  atau berita bohong belakangan ini semakin subur tersebar di media sosial (medsos). Hoax yang cenderung menyesatkan itu bahkan berpotensi memecah belah masyarakat di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Prihatin dengan kondisi itu sejumlah pewarta media online di Jawa Tengah (Jateng) membentuk organisasi wartawan online, Ikatan Wartawan Online (IWO). Pelantikan pengurus IWO Jateng periode 2017-2022 itu digelar di Wisma Perdamaian, Semarang, Rabu (26/9/2017).

Acara pelantikan yang disertai Sarasehan Nasional: Menyoal Konten Hoax dalam Berita Viral itu turut menghadirkan Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jateng Kombes Pol. Lukas Akbar Abrari, Ketua Peradi Kota Semarang Yosep Parera, Septiadi Eko Nugroho dari Komunitas Anti Hoax Indonesia, dosen Komunikasi Undip Triyono Lukmantoro, dan Ketua Umum IWO Pusat Jodi Yudhono, sebagai pembicara.

Kombes Pol. Lukas berharap dibentuknya IWO Jateng menjadi hoax killer yang banyak tersebar di medsos.  Dia mencontohkan, kabar hoax tentang beredarnya kasus pil PCC beberapa waktu lalu di Kabupaten Semarang, Jateng. Kabar yang tersebar melalui medsos dan broadcast message di berbagai aplikasi messenger tersebut sempat membuat masyarakat resah.

“Untungnya, teman-teman wartawan segera konfirmasi kemudian menangkal berita bohong itu dengan berita yang sesuai fakta,” ujar Lukas.

Dia menambahkan, hukuman untuk pemberitaan hoax memang belum diatur dalam Undang-undang. Kondisi itulah yan membuat penyebar hoax leluasa menyebar kebohongan.

“Di dalam UU ITE yang diatur adalah konten yang meliputi pornografi, perjudian, mencemarkan nama baik dan ujaran kebencian,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua IWO Jateng, Jodi Yudhoyono, menyebutkan saat ini sudah ada sembilan pengurus IWO yang dilantik di seluruh Indonesia. “Selanjutnya, kami akan melantik kepengurusan IWO diberbagai daerah yang lain,” ujarnya.

Berikut Susunan Pengurus IWO Jateng Masa Bakti 2017-2022:
Dewan Etik: Edie Prayitno (liputan6.com), Bambang Isti (suaramerdeka.com), Denny Septivian (phbi semarang)
Ketua: Mustholih (metrotvnews.com)
Wakil Ketua: Deni Setiawan (tribunjateng.com)
Sekretaris: Parwito (merdeka.com), Nazar Nurdin (kompas.com)
Bendahara: Syahrul Munir (kompas.com), Dwi Royanto (vivanews.com)

Bidang-Bidang
Bidang Hubungan Antarlembaga: Slamet Priyatin (kompas.com), Rhobi Shani (metrotvnews.com), Imam Yuda Saputra (Semarangpos.com)
Bidang Keorganisasian dan SDM: Zuhdiar Laeis (antarajateng.com), Felek Wahyu Prabowo (liputan6.com)
Bidang Infokom: M. Arif Prayoga (wartanasional.com), Sholahuddin Al Ahmadi (ansorjateng.net), Andik Sismanto (sindonews.com)
Bidang Advokasi: Mardiyono (beritakendal.net), M Dasuki (aktual.com), IH Hidayat (wartanasional.com)
Bidang Litbang: Fariz Fardianto (rappler.com), Ade Lukmono (metrosemarang.com), Alif Nazzala Rizqi (radioidola.com)
Bidang Olahraga: Imboh Prasetyo (asatu.id), Efendi (metrosemarang.com)
Bidang Kesejahteraan Anggota: Y. Adriana Widia Primastika (kbr.id), Dian Ade Permana (jateng.merdeka.com)

Koordinator Wilayah:
Pantura Barat: Kuntoro (metrotvnews.com)
Pantura Timur: Edy Sutriyono (murianews.com)
Soloraya: Gunawan (fokusjateng.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya