SOLOPOS.COM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Inovasi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (LPPMI ITNY) menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema Peluang Perolehan Kekayaan Intelektual di Bidang Teknologi dan Sosio-Teknik, Kamis (10/9/2020). (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA--Sebagai upaya peningkatan kesadaran terhadap perlindungan Kekayaan Intelektual (KI) khususnya di lembaga perguruan tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Inovasi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (LPPMI ITNY) menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema Peluang Perolehan Kekayaan Intelektual di Bidang Teknologi dan Sosio-Teknik.

Webinar yang dilaksanakan pada Kamis (10/9/2020) merupakan hasil kerjasama antara ITNY dengan Direktorat Kerjasama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Kemenkumham.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari civitas akademika ITNY baik dosen maupun mahasiswa. Narasumber utama webinar ini adalah Direktur Paten, Rahasia Dagang, dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu DJKI, Dra. Dede Mia Yusanti, MLS, dengan moderator Kepala LPPMI ITNY, Dr. Ani Tjitra Handayani.

Diganjar Penghargaan Muri, Begini Pesan Dokter Lo Untuk Dokter Muda

Lebih Efektif

Penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (TNY) (Istimewa)
Penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) (Istimewa)

Dalam pemaparannya, Dra. Dede Mia Yusanti mengungkapkan peluang untuk memperoleh hak  Kekayaan Intelektial (KI) di bidang social engineering.

Menurutnya, suatu penemuan tidak berarti harus merupakan hal yang rumit. Inovasi yang memudahkan pekerjaan sehari-hari sehingga dapat dilakukan secara lebih efektif, mudah, dan praktis juga berpeluang untuk memperoleh KI.

Dijelaskan pula bahwa bidang-bidang sosio-teknik, seperti Perencanaan Wilayah dan Kota, dapat berkolaborasi dengan bidang-bidang yang lain untuk meningkatkan peluang meraih KI.

Webinar ini dibuka oleh Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual DJKI, Daulat P. Silitonga, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, Daulat mendorong ITNY sebagai kampus berbasis teknologi untuk meningkatkan perolehan KI.

Senada dengan hal tersebut, Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T. menyebutkan nilai strategis perolehan KI dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi.

"Posisi ITNY dalam klasterisasi perguruan tinggi yang mengalami peningkatan di tahun 2020 ini dapat semakin ditingkatkan, salah satunya dengan mendorong perolehan KI," terang Ircham seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya