SOLOPOS.COM - Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

ROMA—Meski berlabel persahabatan, pertandingan Italia kontra Prancis di Stadion Ennio Tardini, Kamis (15/11/2012) dini hari WIB, bakal menjadi sebuah perjumpaan istimewa yang tak luput dari sorotan publik seantero dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggapan itu tidak berlebihan jika menengok koleksi gelar yang bertumpuk di lemari trofi kedua tim. Italia maupun Prancis, sama-sama pernah merasakan gelar Piala Dunia, yang menjadi simbol supremasi sepak bola di muka bumi. Anggapan itu juga dirasakan sejumlah pilar kedua tim. Walau rasanya, waktu penyelenggaran laga persahatan ini kurang tepat karena digeber di sela-sela jadwal liga domestik yang sangat padat di Benua Biru.

Ekspedisi Mudik 2024

“Prancis sebuah negara yang kuat di kancah sepak bola Eropa, salah satu yang selalu mampu bermain dalam level tinggi. Bermain melawan Prancis seperti sebuah laga derby,” jelas kiper Italia, Gianluigi Buffon kepada Le Parisien, dilansir Reuters, Selasa (13/11).
Italia memenangi laga di kualifikasi Piala Dunia 2014 secara beruntun melawan Malta, Armenia dan Denmark pada September-Oktober lalu. Namun penampilan finalis Euro 2012 tersebut masih terkesan tambal-sulam.

Skuat binaan Cesare Prandelli dipastikan tidak akan diperkuat gelandang menonjol, Daniele De Rossi, yang dikeluarkan setelah memukul Stefano Mauri pada laga derby AS Roma kontra Lazio, Minggu (11/11). Prandelli kemungkinan akan memasang pemain Juventus, Emanuele Giaccherini, untuk mengisi posisi De Rossi. Dia akan bermain mengawal lini tengah Azzurri, julukan Italia, bersama rekan seklubnya, Claudio Marchisio dan Andrea Pirlo, plus pilar AC Milan, Riccardo Montolivo.

Beruntung memang, gelombang pensiun pemain di kubu Azzurri tidak sampai membuat Prandelli kehabisan stok pemain lokal yang masih berusia relatif muda. Sebut saja, Stephan El Shaarawy, yang tetap naik daun meski klubnya, Milan, sedang sengsara di pentas Seri-A. Banyak pihak yang berharap El Shaarawy bisa diduetkan dengan striker bengal asal Manchester City, Mario Balotelli di pertandingan nanti. Cuma, Prandelli akan kehilangan pemain AS Roma, Pablo Osvaldo, karena mengalami cedera pergelangan kaki saat latihan bersama tim.

“Saya tidak menginginkan pertandingan normal ketika melawan Prancis, tidak akan pernah menjadi pertandingan normal ketika melawan mereka,” jelas Prandelli, dilansir soccerway.com.

Prancis memasang harapan bisa memperbaiki penampilannya setelah hasil imbang 1-1 melawan Spanyol di kualifikasi Piala Dunia, bulan lalu. Pemain Arsenal, Olivier Giroud, akan menjadi tumpuan Les Bleus, julukan Timnas Prancis, untuk menggedor pertahanan Azzurri. Sedangkan Gael Clichy dipastikan absen karena cedera dan kemungkinan digantikan pemain Lyon, Anthony

“Seperti yang sudah saya katakan ke pemain, kami tidak boleh lebih buruk atau lebih baik dibandingkan pertandingan melawan Spanyol. Kami tidak bisa katakan kalau kami selevel dengan juara Eropa [Spanyol] atau runner up Euro [Italia],” ujar pelatih Prancis, Didier Deschamps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya