SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KIEV — Italia akhirnya melaju ke babak semifinal Piala Eropa 2012 setelah menyingkirkan Inggris lewat adu penalti dengan skor 4-2. Italia akan menghadapi Jerman dalam Semifinal.

Italia punya sejumlah peluang bagus dan mendominasi sepanjang permainan, namun tak kunjung bisa membobol gawang Inggris termasuk extra time 2×30 menit, sehingga harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada pertandingan yang berlangsung di Kiev Olympic Stadium, Senin (25/6/2012) dinihari WIB, Italia punya beberapa peluang bagus di babak pertama. Salah satunya adalah ketika tendangan Daniele De Rossi di menit ketiga membentur riang gawang.

Itu baru awal. Semenit berselang giliran Inggris yang mendapatkan peluang melalui Glen Johnson. Sial bagi Johnson, tendangannya di muka gawang Italia masih bisa dihalau oleh Gianluigi Buffon.

Selanjutnya, Italia mendominasi dan memenangi persentase penguasaan bola. Setelah sempat diselingi oleh peluang Wayne Rooney, yang sundulannya melambung di atas gawang Buffon, Gli Azzurri membuat pertahanan Inggris was-was.

Pada menit ke-25, Balotelli dapat umpan terukur dari Andrea Pirlo dan lolos dari perangkap offside. Tapi sepakannya masih terhadang John Terry, tepat di ujung kotak penalti Inggris.

Enam menit berselang, Balotelli kembali lepas dari offside. Tinggal berhadapan dengan Joe Hart tendangannya masih bisa dihadang sang kiper.

Tiga menit menjelang turun minum, Balotelli kembali mendapatkan peluang. Namun, tendangan keras Balotelli dari luar kotak penalti melayang tak jauh dari gawang Inggris.

Seperti dilansir situs resmi UEFA, Italia melepaskan 12 tembakan, di mana enam di antaranya tepat sasaran. Sementara Inggris hanya empat dan satu di antaranya tepat sasaran.

Di babak kedua, Italia masih terus menggempur pertahanan Inggris. Lima menit setelah kick off babak kedua, sebuah serangan cepat bahkan nyaris berbuah gol jika saja reflek Joe Hart tidak cepat. Tendangan keras pemain Italia, diblok Hart, bola muntah disambar Balloteli namun mampu dihalau lagi oleh Hart.

Hodgson akhirnya memasukkan Andy Carrol dan Walcot, untuk mempertajam serangan. Namun hingga babak kedua berakhir, kedua kesebelasan tak juga mampu menghasilkan gol.

Kedudukan 0-0 setelah bermain 2x 45 menit, pertandingan pun diperpanjang 2x 15 menit. Italia yang terus mengurung sepanjang 30 menit waktu tambahan pun tak berhasil memecah kebuntuan untuk menhasilkan gol. Sebuah gol yang sempat bersarang ke gawang Joe Hart dianulir karena pemain Italia dinyatakan off side.

Akhirnya laga ditentukan dengan adu penalti. Balotelli yang ditugaskan mengeksekusi pertama sukses menjebol gawang Joe Hart. Gerrard, juga berhasil melesakkan gawang tanpa mampu dijangkau Buffon.

Pemain kedua Italia gagal. Sementara Rooney sukses mengelabuhi Buffon. Demikian juga Millito berhasil menipu Joe Hart.

Eksekutor ketiga, Young gagal, tendangannya membentur mistar gawang. Disusul Assley Cole juga gagal, tendangannya terlalu lemah. JIBI/SOLOPOS/dtc/Mulyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya