Isu Pengerahan Massa Parpol, KPID Batalkan Pameran Kartun di CFD Simpang Lima
Ilustrasi pameran kartu (dok. solopos)

Semarangpos.com, SEMARANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah (Jateng) membatalkan pelaksanaan Pameran Kartun Internasional Literasi Media di area car free day (CFD) Jalan Pahlawan, Simpang Lima, Kota Semarang, Minggu (6/5/2018).

Ketua KPID Jateng, Budi Setyo Purnomo, menyebutkan batalkan pameran itu dikarenakan adanya isu pengerahan massa oleh bakal calon legislatif (bacaleg) partai politik (parpol) tertentu sambil mengenakan kaus bertuliskan #2019 Ganti Presiden di area CFD Simpang Lima, Minggu ini.

“Sangat disayangkan. Upaya kami mengeduasi masyarakat untuk bijak dan cerdas melalui pameran kartun saat CFD terpaksa kami batalkan,” ujar Budi saat dihubungi Semarangpos.com, Sabtu (5/5/2018).

Budi mengatakan sebenarnya pihaknya sudah mendapat izin dari kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang untuk menggelar pameran tersebut. Namun adanya isu pengerahan massa parpol itu, izin pun dibatalkan oleh Pemkot Semarang.

“Pemkot Semarang beralasan izin dibatalkan demi kenyamanan. Katanya CFD juga dibatalkan. Alasan lainnya karena ada Semarang Night Carnival. Padahal, Semarang Night Carnival kan digelar Sabtu malam,” beber Budi.

Budi menambahkan sebenarnya pameran kartun di area CFD Simpang Lima, Semarang itu mampu mendongkrak pamor Kota Semarang di mata dunia internasional. Hal itu dikarenakan pameran tersebut akan diikuti peserta dari 47 negara dan diliput oleh berbagai media baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pameran kartun itu, lanjut Budi, digelar dalam rangka memperingati Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-85. Pelaksanaan pameran itu pun rencana dipindah pada Rabu (9/5/2018), bersamaan dengan acara seminar tentang Host Training di Kampus UIN Walisongo, Semarang. Bersamaan dengan acara itu, KPID juga akan menggelar Malam Penganugerahan Penyiaraan Jawa Tengan 2018.

Sebelumnya di Semarang memang beredar adanya pengerahan massa yang akan dilakukan oleh para bacaleg Partai Gerindra di area CFD Simpang Lima, Semarang, Minggu nanti. Informasi yang diperoleh Semarangpos.com, massa yang turun ke area CFD Simpang Lima juga akan menggenakan kaus bertuliskan #2019 Ganti Presiden.

Akan tetapi kabar itu dibantah oleh petinggi Partai Gerindra. Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, membantah adanya instruksi pengerahan massa sambil mengenakan kaus #2019 Ganti Presiden di area CFD Simpang Lima, Semarang, pada Minggu nanti.

“Informasi itu hoax. Kami tidak pernah menginstruksikan hal itu. Lagian, enggak ada agenda Pak Prabowo [Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra] ke Semarang. Beliau besok dijadwalkan ke Pasuruan,” ujar Sriyanto saat dihubungi Semarangpos.com, Sabtu sore.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho