SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Isu yang berembus menyebutkan bahwa capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menggunakan earphone atau earpiece tersembunyi di telinga kirinya dibantah oleh Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding. Dia menunjukkan bahwa alat bantu serupa tak mungkin dipakai.

Sebelumnya, di sosial media muncul isu viral bahwa capres petahana Jokowi menggunakan alat bantu saat debat. Isu itu juga menuding Karding terlihat sebagai pembisik atau pemandu capres nomor urut 01 tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Upaya penggunaan alat canggih oleh TKN untuk men-drive [memandu] pak Jokowi dalam debat, itu bukan fakta, bohong. Faktanya Pak Jokowi tidak mengenakan earphone atau pulpen canggih,” ujar Karding ketika ditemui Bisnis/JIBI di Posko Cemara TKN Jokowi-Ma’ruf, Senin (18/2/2019).

Karding menjelaskan penggunaan chip, handphone, atau alat komunikasi canggih tidak dimungkinkan. Sebab, ruangan Debat Capres II di Ballroom Hotel Sultan tersebut telah kedap sinyal.

Sedangkan soal pulpen yang selalu digenggam Jokowi, Karding menjelaskan bahwa pulpen tersebut merupakan pulpen biasa.

Karding sendiri mengaku bahwa pihak TKN memang menyiapkan pulpen tersebut untuk kebutuhan psikologis saat berbicada. Pulpen tersebut dipilih agar enak digenggam dan tanpa suara ketika ditekan oleh Jokowi.

“Kalau terkait dengan saya dianggap pembisik Pak Jokowi, saya jadi naik kelas, naik pangkat gara-gara ini,” ungkap Karding sembari bercanda.

Mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan ada 10 orang liaison officer (LO) internal TKN Jokowi-Ma’ruf yang menggunakan handy talky (HT) sebagai koordinator supporter debat. Namun mereka bertugas mengatur atau menyambut peserta, para tamu, relawan, dan tim hore atau penyemangat dari pihak TKN Jokowi-Ma’ruf. “Saya selalu begini [terlihat menggunakan HT], kayak EO atau Paspampres aja,” ungkapnya.

“Ini sama sekali tak tersambung dengan Pak Jokowi. Jadi biar teman-teman BPN dan pendukung Prabowo tau. Jadi kerjaan saya kemarin jadi EO. Jadi sama sekali enggak ada [mengatur debat Jokowi],” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya