SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo Tokopedia.

Solopos.com, JAKARTA - Media sosial tengah heboh kabar data 15 juta pengguna e-commerce Tokopedia bocor. Kabar ini muncul di Twitter lewat unggahan akun @underthebreach.

Siapa Hacker Pembobol Tokopedia? Ini Jawabannya

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melalui posting-an di Twitter oleh akun @underthebreach, disebutkan bahwa terjadi peretasan pada Maret 2020, yang mengakibatkan 15 juta data pengguna bocor. Data tersebut berisi email, password, dan nama pengguna.

Pihak Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian terhadap data pengguna di platform e-commerce miliknya.

Meskipun demikian, Tokopedia mengklaim informasi password milik pengguna tetap aman dan terlindungi dengan sekuriti berlapis. Termasuk lewat mekanisme kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses pemilik akun secara real time.

Postingan Akun Instagram Tokopedia Mendadak Raib

Data Bocor Tokopedia

Nuraini Razak, VP of Corporate Communications, Tokopedia mengatakan bahwa pihaknya selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna karena bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan.

"Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia. Namun Tokopedia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi," jelasnya, dilansir Okezone, Sabtu (2/5/2020).

Meski terlindungi di balik enkripsi, Tokopedia menganjurkan pengguna untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

FBI: Hacker Berusaha Curi Informasi Rahasia Covid-19

"Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun, maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun," terangnya.

Menurutnya, saat ini perusahaan melakukan investigasi dan diharapkan perusahaan akan memberikan informasi lebih lanjut ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya