SOLOPOS.COM - Munandar (kiri)/(Foto:Erwin)

Jayapura (Solopos.com)–Munandar ,35, sangat shock ketika tahu kalau istrinya, A ,26, adalah tahanan perempuan yang dipaksa oral seks oleh tiga oknum polisi Polresta Jayapura pada November 2010 silam. Dia baru tahu setelah ada pemberitaan media. Munandar pun melapor ke Komnas HAM.

Munandar sedih atas nasib istrinya yang sedang tersangkut kasus perjudian itu. Dia juga kecewa karena menurutnya polisi tidak memberitahukan kejadian itu kepada pihak keluarga. Munandar pun melaporkan kejadian yang menyayat hatinya itu ke Kantor Komnas HAM Perwakilan Papua. Ditemani ketiga anaknya yang masih kecil, Munandar diterima oleh Sekretaris Komnas HAM Papua, Frits Ramandey dan langsung mengisi formulir pengaduan, Rabu (2/3/2011).

Kepada wartawan, Munandar mengaku baru akan mengecek kebenaran dari berita tersebut kepada istrinya yang kini masih mengikuti persidangan karena terkait kasus perjudian. Jika berita itu benar, maka Munandar berniat mempidanakan ketiga oknum polisi itu.

Sementara Sekretaris Komnas HAM Papua, Frits Ramandey, mengatakan telah meminta sang suami untuk mengecek kebenaran berita oral seks tersebut kepada istrinya. Komnas HAM Papua kemudian akan mengarahkan suami untuk membuat laporan pidana kepada pihak kepolisian sesegera mungkin.

“Jadi, kita meminta suami A untuk mengecek kembali tentang kasus yang dialami. Jika benar, maka Munandar diharapkan melaporkan ke polisi, dan Komnas HAM Papua akan terus mengawal kasus ini,” katanya.

Sebelumnya pada Selasa (1/3/2011) kemarin, Kapolresta Jayapura, AKBP Imam Setiawan menyatakan mundur sebagai bentuk tanggung jawab atas perbuatan tiga oknum bawahannya yang memaksa tahanan wanita melakukan oral seks. Menurut Imam, tiga oknum polisi itu sudah diberi sanksi fisik dan penundaan kenaikan pangkat.

Imam mempersilakan keluarga mempidanakan tiga oknum ini. “Kalau suaminya mengadukan, saya akan proses ke ranah pidana hukum. Saya tidak pernah menutupi jika ada yang salah,” imbuh Imam.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya