SOLOPOS.COM - Ketua Persatuan Kebudayaan Bangsa-bangsa Dunia (PKBBD), Sri Notokusumo (dua dari kanan) menggelar deklarasi pendirian organisasi tersebut di Ndoho Wetan, RT 002/RW 004, Lawu, Nguter, Rabu (26/2/2014). (JIBI/Solopos/Ivan Andimuhtarom)

Solopos.com, SUKOHARJO— Persatuan Kebudayaan Bangsa-Bangsa Dunia (PKBBD) dideklarasikan, Rabu (26/2/2014), di Ndoho Wetan, RT 002/RW 004, Lawu, Nguter, Sukoharjo. Sekretariat PKBBD itu diklaim sebagai Istana Sukoharjo Surakarta Hadingrat Negara Serikat Rakyat Republik Indonesia.

Ketua PKBBD mengaku bernama Sang Prabu Sri Notokusumo. Menurut Sang Prabu, organisasi tersebut bergerak di bidang koperasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua PKBBD, Sri Notokusumo, saat ditemui wartawan, Rabu, mengatakan organisasi tersebut mulai berdiri sejak 1678. Menurutnya, pendiri PKBBD adalah Pakubuwono III. “Visi misi kami adalah menyatukan masyarakat demi bangsa dan negara,” ujarnya.
Ia tidak mengakui dirinya sebagai keturunan keraton meski pun mengaku memiliki gelar Paku Buwono (PB) X ke-2.

Menurutnya, semua anggota PKBBD berhak memiliki gelar seperti gelar yang dimiliki keturunan darah biru. “Semua orang boleh memakai gelar seperti itu [Pakubuwono X ke-2]. Tidak ada yang melarang. Asal masuk PKBBD. Kalau mau masuk PKBBD harus membuat kartu tanda anggota (KTA),” terangnya.

Ia menambahkan, organisasinya mencukupi diri dengan jerih payah anggota. Menurutnya, PKBBD bergerak di bidang koperasi. “Anggotanya sekitar 20-an orang,” jelasnya.

Salah satu anggota PKBBD yang enggan disebutkan namanya, ketika menghubungi Solopos.com, Rabu siang, mengatakan sang ketua yang bernama asli Kardi biasanya mengaku sebagai Pakubuwono X ke-2 kepada calon pengikutnya.

Sang ketua juga pernah mengatakan memiliki akses untuk membuka harta Bung Karno di luar negeri. “Tetapi sekarang saya meragukan hal tersebut. Saya juga menunggu kebenaran klaim tersebut,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya