SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) — Juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha menilai isi artikel salah satu koran di Australia, The Age, yang menyudutkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sampah.

“Apa diberitakan di The Age tidak berdasar fakta, patut dipertanyakan. Itu tak lebih dari sampah,” ujar Julian saat dihubungi, Jumat (11/3/2011).

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Julian menjelaskan Presiden SBY sudah membaca headline koran The Age yang memakai judul “Yudhoyono Abused Power” tadi malam. Belum ada tanggapan resmi dari Presiden soal artikel itu. “Bapak Presiden sudah membaca tadi malam, akan ada respon nanti. Kita lihat saja,” imbuhnya.

Julian menambahkan apa yang diberitakan The Age soal Presiden SBY bersumber dari Wikileaks yang patut dipertanyakan keakuratannya. Selain itu, berita di The Age tidak ada verifikasinya. “Mereka begitu gegabah, menuliskan berita tanpa ada verifikasi. Apalagi bersumber Wikileaks,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, The Age memberitakan secara ekslusif telah menerima bocoran dari Wikileaks tentang kawat diplomatik Kedutaan Besar AS di Jakarta. Dalam kawat itu dikatakan bahwa Presiden SBY telah melakukan rekayasa hukum dan politik untuk melindungi para politisi korup. SBY dituduh campur tangan dalam kasus Taufiq Kiemas.

“Kawat (diplomatik) itu mengatakan Dr Yudhoyono telah secara pribadi campur tangan untuk mempengaruhi jaksa dan hakim untuk melindungi tokoh politik korup dan tekanan lawannya, dengan menggunakan Badan Intelijen Indonesia (BIN) untuk memata-matai saingan politik, setidaknya pada seorang menteri senior di pemerintahannya sendiri,” begitu tertulis dalam headline The Age edisi Jumat (11/3/2011).

(Inilah.com/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya