SOLOPOS.COM - Warga Palestina dan petugas penyelamat mencari korban di antara reruntuhan sebuah rumah yang terkena seranga udara Israel di Rafah, sebelah selatan Jalur Gaza, Jumat (11/7/2014) lalu. (JIBI/Reuters/Ibrahim Abu Mustafa/dok)

Solopos.com, JERUSALEM — Pasukan komando Angkatan Laut (AL) Israel, Shayetet 13, mulai melancarkan operasi darat di utara Jalur Gaza, Minggu (13/7/2014). Menurut laporan radio publik Israel, serangan tersebut menargetkan lokasi-lokaso peluncuran roket Hamas, Sabtu malam, kata radio publik Israel, Minggu pagi.

Ini operasi darat pertama di Jalur Gaza oleh militer Israel sejak serangan udara dimulai Selasa (8/7/2014). Selain ahli bertempur di tiga medan (udara, laut, dan darat), Shayetet 13 sangat terlatih dalam perang urban dengan berbagai persenjataan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer Hamas, meluncurkan peluru-peluru kendali baru mereka, J-80, ke Ibu Kota Israel, Tel Aviv. Belum diketahui persis efek serangan balasan tersebut atas kota-kota penting Israel yang dilindungi sistem pertahanan pasif anti serangan udara, Iron Dome.

Menurut informasi itu, serangan singkat Shayetet 13 itu ditujukan pada satu lokasi peluncuran roket Hamas. Cabang militer Hamas mengonfirmasikan pasukan komando Shayetet 13 itu terlibat baku tembak dengan beberapa personel milisi Palestina.

Seorang juru bicara militer mengatakan, empat tentara Israel luka ringan dalam operasi itu. “Selama misi itu satu baku-tembak meletus, dimulai beberapa gerilyawan yang beroperasi di lokasi itu, di mana empat tentara Israel cedera ringan,” kata juru bicara itu, namun dia menolak merinci lebih jauh mengenai operasi itu.

Brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer Hamas, mengonfirmasikan baku tembak antara para petempur kami dan tentara angkatan laut Zionis yang berusaha memasuki daerah Sudanyia, di Gaza barat laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya