SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ashdod — 19 Penumpang dan kru Kapal Rachel Corrie telah meneken surat deportasi dan akan meninggalkan negeri zionis itu hari ini. Israel memastikan tidak ada WNI dalam kapal itu.

Sebelumnya AFP melansir bahwa ada 4 WNI sebagai kru di kapal itu. Informasi ini telah disangkal oleh Kemlu RI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat Depdagri Israel menyatakan, 19 orang itu terdiri dari 6 warga Malaysia, 1 orang Kuba, 1 orang Inggris, 6 orang warga negara Filipina dan 5 warga Irlandia. Demikian dilansir CNN, Minggu (6/6).

“Saya rasa tidak ada dari mereka yang menolak deportasi,” kata Jubir Deplu Israel Yigal Palmor pada Sabtu (5/6).

Militer Israel menangkap kapal dan awaknya tanpa insiden mematikan seperti Mavi Marmara pada Senin (31/5) silam. Selanjutnya tahanan dibawa merapat ke Pelabuhan Ashdod.

Sedangkan AFP melaporkan, 7 tahanan dari kapal Rachel Corrie hari ini telah diterbangkan menuju Amman, Yordania. Mereka terdiri dari 6 warga Malaysia dan 1 warga Kuba. Sedangkan sisanya akan dibawa ke bandara internasional Gurion di dekat Tel Aviv.

Israel hari ini juga mendeportasi Surya Fachrizal, jurnalis dari Indonesia, ke Amman, untuk  perawatan lebih lanjut akibat  luka tembak yang dideritanya. Surya adalah penumpang Mavi Marmara.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya