SOLOPOS.COM - Qatar (Google Map)

Indonesia meminta negara-negara Timur Tengah mengendalikan diri untuk mengurangi ketegangan meluasnya isolasi Qatar.

Solopos.com, JAKARTA — Negara-negara di Timur Tengah diminta menahan diri dan mengambil langkah untuk mengurangi ketegangan terkait dengan konflik kawasan itu. Seruan ini disampaikan Pemerintah Indonesia menyusul kian pertengkaran Arab vs Qatar yang berujung meluasnya isolasi terhadap negara itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku telah membahas dengan para Menlu Timur Tengah mengenai perkembangan kawasan dan menyampaikan pandangan serta kesiapan Indonesia untuk berkontribusi. Dalam komunikasi tersebut Menlu RI menyampaikan keprihatinan Indonesia mengenai perkembangan situasi di kawasan.

“Kita minta semua tahan diri dan utamakan ukhuwah islamiah umat terutama di bulan Ramadan,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (8/6/2017).

Pihaknya telah melakukan komunikasi via telepon, antara lain dengan Menlu Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Turki dan Iran. Dia menambahkan Dubes RI di Doha juga telah melakukan komunikasi dengan kelompok-kelompok WNI di sana untuk memastikan kondisi dan menyampaikan kesiapan KBRI untuk memberikan perlindungan. Dalam rangka meningkatkan perlindungan, telah dibentuk Satgas khusus.

Adapun, jumlah WNI di Qatar yang telah melapor diri ke KBRI per Juni 2017 sekitar 29.000 orang. “Saya harapkan WNI di Qatar untuk segera melakukan komunikasi dengan KBRI jika membutuhkan bantuan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya