Islam Aboge, Akulturasi Dakwah dengan Muatan Budaya Lokal

Islam Jawa atau yang dikenal dengan Islam Kejawen sejak lama telah dikenal sebagai akomodatif dengan muatan budaya lokal.

Islam Aboge, Akulturasi Dakwah dengan Muatan Budaya Lokal

SOLOPOS.COM - ilustrasi Islam Aboge Banyumas (Instagram/@banokeling.id)

Solopos.com, BANYUMAS -- Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia dengan jumlah presentase 86,7% dari 270,6 juta  jiwa. Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Akulturasi budaya menjadi media bagaimana Islam berkembang pesat di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Islam Jawa atau yang dikenal dengan Islam Kejawen sejak lama telah dikenal sebagai akomodatif dengan muatan budaya lokal. Sejak lama juga Islam di Jawa memang dikenal oleh masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan akulturasi  yang kuat.

Mengutip dari situs Indonesia.go.id, Jumat (18/6/2021) merujuk pada penelitian lapangan milik Elva Laily dalam jurnalnya berjudul Srinthil, Pusaka Saujana Lereng Sumbing, Islam Kejawen memiliki beberapa aliran, salah satunya adalah Islam Aboge yang berkembang di kalangan masyarakat Jawa Tengah bagian barat, seperti Temanggung, Banyumas dan daerah lainnya.

Baca Juga : Nusa Tembini, Kerajaan di Cilacap yang Jadi Nama Kereta Api

Namun dari penelitian tersebut menjelaskan bahwa Islam Aboge bukanlah aliran tersendiri. Aboge sendiri merupakan akronim dari Alip-Rebo-Wage, yang lebih pada mengacu perhitungan kalender Jawa menggunakan sistem satu windu atau delapan tahun untuk menyelesaikan satu periode waktu. Menurut pemikiran Aboge,  satu windu terdiri dari tahun Alip, He, Jim Awal, Je, Dal, Be,Wawu dan Jim Akhir.

Sedangkan satu tahun tetaplah dua belas bulan dan satu bulan terdiri dari 29-30 hari dengan hari pasaran terdiri dari Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing. Terkait sistem pasaran ini, hari pertama pada tahun Alip jatuh pada hari Rebo Wage.

Komunitas Islam Aboge Banyumas
Komunitas Islam Aboge Banyumas (Sumber: Liputan6.com)

Baca Juga: Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Di Kabupaten Banyumas sendiri, Islam Aboge berkembang di beberapa daerah, seperti Jatilawang, Ajibarang,Rawalo, Pekuncen, Karanglewes dan Wangon. Oleh para penganutnya, diyakini bahwa sistem  perhitungan ini telah dipergunakan oleh para wali sejak abad ke-14.

Layaknya paham Kejawen, menurut penelitian dari Laily, cara berdoa penganut Islam Aboge masih menyelipkan ungkapan “kakang kawah adi ari-ari, kiblat papat limo pancer.” Sedulur papat adalah empat unsur yang lahir ke dunia bersamaan dengan kelahiran bayi, Kawah atau ketuban, ari-ari atau plasenta, puser atau tali pusar dan getih atau darah.

Sedangkan aspek kelima ialah pancer atau pusat yang berarti kita sendiri sebagai pusat kehidupan Ketika dilahirkan. Saat mengucapkan basmalah, dilanjutkan membaca doa berikut yang berbunyi “kakang kawah adi ari-ari sederek pitu ingkang nunggil sak garwo putro ingkang kahurmatanku mboten kahurmatan kiblat sekawan gansal pancer sedoyo tansah tumanjuk wonten ing jiwo kasaleliro ing saklami-laminipun.”

Baca Juga : Ini Dia 8 Curug di Desa Wisata Ketenger yang Mirip di Swiss

Singkat kata, doa itu dimaksudkan memberi hormat bakti kepada unsur-unsur pada diri manusia sendiri, bumi, air, angin, api, cipta, logika, pikiran untuk tetap jadi satu kesatuan utuh sebagai bekal diri pribadi selamanya.

Setiap bulan, masyarakat Islam Aboge selalu mengadakan ritual slametan. Acara ini diadakan setiap bulan di atas tanggal 10 atau sebelum tanggal 15 menurut sistem kalender Jawa. Slametan ini bertujuan unutk menghormati para nabi dan wali. Dalam acara slametan ini disediakan jenang abang perak (bubur merah putih) sebagai sesaji.

Prosesi Caos bekti, ritual sungkeman komunitas Islam Aboge
Prosesi Caos Bekti, ritual sungkeman komunitas Islam Aboge (Instagram/@banokeliling.id)

Pada perayaan hari Raya Idul Fitri 2021 yang jatuh pada 13-14 Mei 2021 lalu, masyarakat Islam Aboge di Kabupaten Banyumas dan Cilacap menetapkan hari lebaran jatuh pada Jumat Kliwon, 14 Mei 2021.  Hal ini sesuai dengan  pengitungan kalender Alip Rebo Wage (Aboge).

Mengutip dari Liputan6.com, salah satu kelompok yang berlebaran pada haru Jumat adalah Komunitas Banokeling, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang. Juru Bicara Adat Banokeling, Sumitro mengatakan dalam kalender Aboge tahun 2021 ini adalah tahun Jemakhir atau Jim Akhir.

Di tahun tersebut, 1 Syawal atau lebaran Idul Fitri ditentukan dengan rumus Waljiro atau Syawal siji loro, yang artinya1 Syawal Aboge tiba pada hari kesatu pasaran kedua, setelah jatuhnya hari 1 Syura.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kebakaran Dua Rumah Di Grobogan Diduga Karena Korsleting

Kebakaran dua rumah di Grobogan tersebut terjadi di Kecamatan Pulokulon dan Kecamatan Toroh, pada pagi dan siang hari, Kamis (29/7/2021).

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Suarakan Protes PPKM, Kelompok Pemuda Pati Gelar Pasar Gratis

Aksi ini merupakan bentuk protes para pemuda di Bumi Mina Tani atas kebijakan PPKM Darurat yang tidak memberikan solusi bagi pelaku usaha tradisional.

Datang ke Semarang, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Bawa Bantuan

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan bantuan kepada para nakes di Semarang dan meminta mereka bersabar menangani pasien Covid-19.

Kupat Glabed, Pengganjal Perut Terpopuler di Tegal

Dinamakan glabed karena tekstur kuahnya yang kental. Glabed sendiri merupakan istilah lokal masyarakat Kota Bahari untuk menyebut kuah dengan tekstur kental.

Vaksinasi Pedagang di Kendal Terapkan One Gate System

Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan percepatan program vaksinasi, salah satunya dengan menerapkan pelayanan vaksin di pasar-pasar tradisional.

Tak Bisa Jaga Jarak, Ribuan Napi LP Kedungpane Divaksin Covid-19

Napi di LP Kedungpane Semarang jumlahnya melebihi kapasitas LP sehingga sulit jaga jarak yang bisa menjadi penyebab penularan Covid-19. Karena itu mereka jadi prioritas vaksinasi.

Bersandar di Tanjung Emas Semarang, KRI dr Soeharso Bantu Oksigen

KRI dr Soeharso memiliki oksigen generator mampu memproduksi oksigen secara Mandiri, dengan kapasitas produksi 150.000 liter per hari,

Warga Kalisat Kidul Banjarnegara Lega, Jalan Mirip Kali Sat Segera Mulus

Pemkab Banjarnegara memulai pembangunan ruas jalan Rawapakis - Bakulan yang ada di Desa Kalisat Kidul, Kecamatan Kalibening.

Gegara Konsleting Listrik, Rumah Warga Grobogan Nyaris Ludes Terbakar

Kebakaran rumah terjadi di Dusun Plosonambangan, Desa Rejosari, Kecamatan Grobogan, penyebabnya diduga korsleting listrik di ruang depan.

Serapan Dana Covid-19 Jateng Rendah, TPP ASN Tidak Cair?

Lambatnya penyerapan dana penanganan Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAU) bakal berbuntut panjang.

Berdalih Untuk Stamina, Pengguna Sabu-Sabu Di Grobogan Dikukut Polisi

Satuan Reserse Narkoba Polres Grobogan menangkap dua pengguna sabu-sabu, salah satunya mengaku menggunakan sabu untuk stamina saat kerja.

Reaksi Napi Rutan Salatiga saat Disuntik Vaksin, Ada yang Gemetar

141 Warga binaan alias narapidana Rutan Salatiga menjalani vaksinasi Covid-19.

Mbah Fanani, Sosok Pertapa Unik Dari Tanah Dieng

Mbah Fanani ini dikenal sebagai seorang pertapa dan dirinya sudah bertapa di Jalan Raya Dieng, Desa Dieng Kulon selama 19 tahun.

Stok Vaksin Menipis, Pemkot Semarang Kurangi Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Pemkot Semarang mulai menghadapi kendala menipisnya stok vaksin di tengah upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi Desa di Kabupaten Magelang Digelar di Kolam Renang

Dipilihnya kolam renang sebagai lokasi vaksinasi karena jika diadakan di tempat layanan kesehatan seakan memberikan suasana yang menakutkan bagi para warga.

Rahasia Sukses Kudus Keluar dari Zona Merah dan Turunkan BOR Hingga 15%: Kolaborasi Semua Pihak

Kudus berhasil keluar dari zona merah persebaran Covid-19 berkat dukungan semua elemen mulai dari pemerintah, swasta hingga masyarakat.

Menengok Industri Batik di Kampung Batik Semarang, Lokasinya di Dekat Kota Lama

Kota Semarang memiliki kampung batik di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, dengan pengrajin batik yang mulai tumbuh.

Ada Kelonggaran di PPKM Kota Semarang

Wali Kota Hendrar Prihadi mengatakan Kota Semarang yang saat ini menjalankan PPKM dengan sedikit kelonggaran pada beberapa aturan pembatasan.

Penerimaan CPNS Pemprov Jateng Diikuti 7.456 Pelamar

Total ada sekitar 7.456 pelamar CPNS Jateng. Sementara untuk lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diikuti 958 pelamar.

Pandemi, Komunitas Tionghoa Semarang Beri Sembako ke Jurnalis

Komunitas Tionghoa Semarang memberikan bantuan sembako kepada kalangan insan media atau jurnalis yang terdampak pandemi Covid-19.

Jateng Geser Sentra Vaksinasi Covid-19 ke Desa, Ini Penyebabnya

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 karena baru 2,5 juta orang tervaksin.

Awasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna Akpol, Ini Pesan Ombudsman Jateng

Ombudsman mengingatkan masyarakat berani menyampaikan pengaduan apabila mendapatkan pelanggaran dalam proses seleksi penerimaaan catar Akpol.

18.936 Keluarga di Salatiga Terima Bansos Beras Medium

Total ada sekitar 189.360 kg beras kelas medium untuk bantuan sosial (bansos) yang diberikan kepada belasan ribu keluarga di Kota Salatiga.

CPNS Grobogan, 3 Formasi Dokter Spesialis Tak Ada Pendaftar

Hingga penutupan pendaftaran CPNS Kabupaten Grobogan secara online pada 26 Juli 2021, tiga formasi dokter spesialis tidak ada pendaftar

Intensitas Cahaya Tinggi, Aturan PPKM Industri di Jepara Diperketat

Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah industri se-Jawa dan Bali diperketat selama penerapan PPKM Level 4.

Bentuk Terima Kasih, Pemkot Salatiga Hibahkan 1 Ambulans ke NU

Pemkot Salatiga menghibahkan satu mobil ambulans kepada NU Salatiga yang sudah ikut membantu menangani pandemi Covid-19.

PMI Pekalongan Ajak Penyintas Covid Jadi Donor Plasma Konvalesen

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan terus mengajak masyarakat penyintas Covid-19 untuk melakukan donor darah konvalesen.

Positivity Rate di Jateng Masih 30%, Ganjar Klaim Testing Lampaui Standar WHO

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut testing hingga di pekan ke-28 sudah di angka 103.674. Positivity rate masih 30%, jauh di bawah standar WHO yang dipatok 5%.

Serapan Dana Covid-19 Jateng Capai 17% Lebih, DPRD Sebut Masih Rendah

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah, Sriyanto Saputro, meminta Pemprov Jateng mempercepat penyerapan dana penanganan Covid-19.

Ada Pegawai Terpapar Covid-19, Disnakertrans Grobogan Lockdown

Penutupan Kantor Disnakertrans Grobogan dilakukan selama tiga hari mulai Senin (26/7) dan pada Kamis (29/7/2021) kantor sudah buka kembali.

Serapan Dana Desa di Jateng Diklaim Lampaui Nasional

Dari 7.809 desa di Jateng untuk Dana Desa [tahun 2021] serapannya sudah mencapai 54,54 persen. Tataran nasional itu baru sekitar 42 persen.

Ganjar Minta Kepala Daerah Di Jateng Percepat Serapan Anggaran

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta kepala daerah di wilayahnya untuk mempercepat penyerapan anggaran penanganan Covid-19.

Soal Serapan Dana Covid-19, Ketua DPRD Panggil Bappeda & BPKAD Jateng

Pemanggilan tersebut untuk meminta kejelasan terkait polemik serapan dana penanganan Covid-19 Jateng yang sempat menyita perhatian publik.

Salut, Tempat Pemancingan di Kudus ini Berikan Seluruh Keuntungan untuk Santunan Kematian

Tempat Pemancingan “Mancing Bersedekah” di Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus menyedekahkan keuntungannya.

Catatan dari Diskusi Puisi dan Pandemi, Penyair Kini Lebih Memahami Penderitaan Rakyat

Dulu, penyair lebih fokus mengangkat isu nasionalisme dalam karya mereka. Kini penyair sudah bisa lebih peka memotret penderitaan masyarakat.

Tak Ada PHK, Karyawan di Kudus Terima 50% Gaji

Disnaker Perinkop dan UKM Kudus mengatakan perusahaan di Kudus tidak ada yang melakukan PHK dan mendapatkan gaji 50 persen.

Biaya Kremasi di Pekalongan Naik Hampir 100%

Yayasan Gotong Royong Pekalongan menaikkan biaya kremasi dari yang semula Rp4 juta menjadi Rp7 juta.

Coba Kelabui Petugas, Rokok Ilegal Dimasukkan ke Ambulans yang Diangkut Truk, Terbongkar di Tegal

Petugas Bea Cukai Jateng DIY berhasil membongkar upaya pengiriman rokok ilegal tanpa cukai yang menggunakan ambulans untuk mengelabui petugas.

Menelusuri Gua Terindah se-Indonesia di Kebumen

Kesulitan dari menyusuri gua adalah kondisi gua yang gelap, banyak air serta medannya licin dan penuh liku-liku, oleh karena itu untuk menyusuri gua diperlukan atribut yang lengkap.

TESDA, Wisata Edukasi Sumber Daya Air di Tengah Kota Purwokerto

Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) berada di sekitar Bendungan Banjar II Sungai Kranji, Kota Purwokerto.

Rest Area di Pemalang Ini Rupanya Markas Kera Ekor Panjang

Rest area dengan ribuan monyet ini berada di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang dan namanya adalah Candi Batur.

Maaf, 244 Titik Penyekatan di Jalur Reguler di Jateng Masih Berlaku

Polda Jateng memastikan penyekatan di 244 titik di jalur reguler di Jateng tetap berlangsung hingga PPKM Level 4 berakhir atau pemberitahuan lebih lanjut.

Terus Berlanjut, Bupati Banjarnegara Tinjau Penyaluran JPS PPKM di Desa Rejasari

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono kembali melakukan road show untuk meninjau penyaluran dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) PPPM tahap II.

2 Seniman Magelang Gambarkan Situasi Pandemi Covid-19

Pertunjukan ini mengangkat tema Lawan Covid-19 dan menampilkan pelukis Tantto dan berkolaborasi dengan penari Sujono Keron.

Petani Kubis di Magelang Kebanjiran Order Saat PPKM

Salah satu wilayah di Kabupaten Magelang, yaitu Kecamatan Ngablak memiliki banyak komoditas tanaman sayuran unggulan salah satunya adalah kubis.

Geblek, Camilan Tradisional Jawa Selatan Sejak Nenek Moyang

Rasanya jelas, kenyal dan gurih ditambah dengan rasa pedas khas sambal kacang yang dituangkan membuat ketagihan bagi siapapun yang menyantapnya.

27 Exit Tol di Jateng Akan Dibuka Lagi Lur, Mulai Pukul 18.00 WIB Nanti

Sebanyak 27 exit tol di Jawa tengah (Jateng) akan dibuka pada Minggu (25/7/2021) mulai pukul 18.00 WIB. Puluhan exit tol itu akan dibuka kembali secara serentak.

Wisata Kedung Kayang Magelang, Legenda dan Mistisnya Jadi Daya Tarik yang Tak Tertampik

Air Terjun Kedung Kayang berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali. Air terjun ini sangat eksotis dan patut dijadikan sebagai tempat liburan.

Hati-Hati Lur! Begal Payudara Gentayangan di Grobogan, Ini Lokasinya

Begal payudara menghantui warga Grobogan, Jawa Tengah.

Beredar Selebaran Kritikan Penanganan Covid-19, Ini Tanggapan Kapolres Kudus

Polisi turun tangan menelusuri sejumlah selebaran berisi kritikan kepada pemerintah tertempel di sejumlah ruas jalan di Kudus.

Bupati Grobogan Puji Kualitas Beras Bansos Untuk 117.575 KPM

Menurut Bupati Grobogan, bansos beras ini diberikan terkait dampak pandemi virus corona atau Covid-19 dalam masa PPKM darurat.

Mahasiswa Ini Dihantui Kepala Melayang di Kamar Kostnya

Indekos menjadi salah satu lokasi yang kerap memunculkan certa-cerita mistis dan bahkan menjadi urban legend.

Warga Wadas Purworejo Gugat Ganjar Pranowo ke PTUN Terkait Pembangunan Bendungan Bener

Warga Wadas, Purworejo, merasa dirugikan dengan dikeluarkannya izin penetapan lokasi pengadaan tanah bagi pembangunan Bendungan Bener oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.

Serapan Dana Covid-19 di Jateng Disebut Rendah, Ini Respons Gubernur Ganjar

Akun Instagram @pandemictalks tuding serapan anggaran penanganan Covid-19 di Jateng terendah kedua. Ganjar sebut @pandemictalks salah data.

Polda Jateng Bekuk 2 Orang terkait Provokasi Ajakan Demo Penanganan Covid-19

N berperan sebagai inisator dan host zoom meeting untuk rapat aksi, sementara B berperan sebagai penyebar ajakan aksi di media sosial dan grup WA.

Karena Salah Melafal, Nama Camilan Khas Tegal ini Muncul

Olos adalah berasal pada saat si penemu jajanan ini yang berawal dari berjualan Risoles, namun anak-anak kecil waktu itu tidak menyebut risoles melainkan oles.

Disparpora Magelang Ajak Warga Tulis Pengalaman Wisata Lokal

Dispapora Kabupaten Magelang menggelar lomba penulisan artikel dengan tema Wisata Asyik Kabupaten Magelang, yang digelar secara daring melalui akun Instagram promosi wisata @officialwisatamagelang

Watu Nganten, Wisata Unik di Taman Nasional Gunung Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi punya spot menarik bernama Watu Nganten. Suara aliran air terjun hingga bebatuan alam membuat tempat ini sangat indah dan cocok digunakan untuk melepas penat.

Bantuan Sosial Jateng Akhirnya Cair dalam Program Keluarga Harapan

Setelah tertunda tanpa kepastian jelas, Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan atau bansos PKH Jateng akhirnya dinyatakan bakal dicairkan.

Ruang Tahanan Polrestabes Semarang Overload, Ini Sebabnya

Ruang tahanan Mapolrestabes Semarang mengalami overkapasitas atau kelebihan penghuninya selama masa pandemi Covid-19 karena tahanan titipan.

Luar Biasa, Paguyuban Peternak Ayam Kendal Sumbang Telur Ayam untuk Nakes

Pemerintah Kabupaten Kendal menerima bantuan ribuan butir telur dari paguyuban peternak ayam kabupaten setempat.

Viral Bakul Hik Terapkan Sistem Drive Thru, Begini Faktanya

Seorang bakul angkringan atau hik di Kabupaten Rembang, Kurnia Setiawan, viral setelah disebut menerapkan sistem drive thru selama PPKM Darurat.

Sejak Januari Terjadi 51 Kebakaran di Grobogan, Kerugian Rp6,5 Miliar

Memasuki musim kemarau, warga diminta waspada karena ada kecenderungan peningkatan musibah kebakaran di Grobogan.

Diletakan di Alun-Alun Banyumas, Pesawat Buatan Rusia Ini Pernah Berjasa Merebut Irian Barat

Alun-alun kota Banyumas dikenal dengan terpampangnya pesawat legendaris milik TNI AU, MIG 17 Fresco. Pesawat itu berjasa merebut Irian Barat.

ODGJ Ditemukan Meninggal di DAS Bengawan Solo Blora, Awalnya Mandi Lantas Tenggelam

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tenggelam saat mandi di DAS Bengawan Solo di Blora dan ditemukan sudah dalam keadaan tak bernyawa.

Siswa SD Asal Banyumas Sambat Kangen Sekolah & Bosan di Rumah Langsung ke Presiden Jokowi

Seorang siswa sekolah dasar asal Banyumas, Jawa Tengah, mengeluh kangen sekolah dan bosan belajar di rumah di hadapan Presiden Jokowi.

Lepas Ketegangan Suntik Vaksin di Sky View Banaran

Vaksinasi Covid-19 di lokasi wisata di Kampoeng Kopi Banaran Kabupaten Semarang memberikan rasa nyaman bagi peserta.

Ini Dia Fakta-Fakta Unik Seputar Kabupaten Blora

Kabupaten Blora yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur ini memiliki luas 1.890,59 km2 dan setengah dari wilayah kabupaten ini adalah kawasan hutan.

Curug Sidok Pemalang, Keasrian Alamnya Bantu Refresh Pikiran

Salah satu tempat di Jawa Tengah dengan segala keasrian adalah Air Terjun Sipendok atau lebih dikenal dengan sebutan Curug Sidok.

Inilah Sosok Paling Berjasa di Kabupaten Kudus

Masyarakat di Kabupaten Kudus pasti sudah mengenal Jalan H.M. Subhan Z.E. yang lokasinya berada di Kecamatan Kota hingga ke selatan.

Salak Nglumut, Pengembangan Petani di Lereng Barat Merapi

Salak Nglumut memiliki rasa yang lebih segar dibanding salak lainnya. Bentuk buahnya segi tiga atau bulat telur terbailk dengan pangkal meruncing.

Tingkatkan Literasi Anak Saat Pandemi, Dongeng Dibacakan via Daring

Program ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak sebelum  pandemi yang secara langsung menghadirkan Bunda PAUD di hadapan anak-anak.

Penutupan Exit Tol di Jateng Diperpanjang

Polda Jateng memperpanjang penutupan seluruh exit tol di Jateng sejalan dengan penerapan PPKM Level 3-4 hingga 25 Juli 2021.

Masih PPKM, 4 Hajatan di Grobogan Dihentikan Satgas Covid-19

Satgas Covid-19 empat acara hajatan yang digelar di lokasi berbeda di Kecamatan Kradenan dan Kecamatan Gubug di saat PPKM Level 4.

Pelaku Begal di Semarang Ditangkap, Salah Satunya Perempuan

Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang mengungkap kasus perampasan atau begal mobil Toyota Fortuner oleh empat orang.

Wisata Air Terjun Jurang Nganten Jepara, Saksi Bisu Pengorbanan Sepasang Pengantin

Sesuai namanya, Wisata Air Terjun Jurang Ngaten ini memiliki legenda sepasang pengantin hingga akhirnya mejadi sebuah misteri.

PPKM Darurat, Pemkot Semarang Klaim Sudah Salurkan BST 96 Paket Sembako

Selama PPKM darurat, 3-20 Juli, Pemkot Semarang telah mendistribusikan bantuan sosial tunai (BST) kepada warga berupa 96.000 paket sembako

Menko Luhut Sebut Jepara Berhasil Redam Lonjakan Kasus Covid-19

Jepara dinilai berhasil meredam lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 secara signifikan, seiring dengan menurunnya pasien di rumah sakit.

Bangga, Siswa SMAN 1 Purwodadi Wakil Jateng di Paskibraka Nasional

Zaidaan Kamal Anwar, siswa SMAN 1 Purwodadi, Grobogan terpilih mewakili Provinsi Jawa Tengah sebagai anggota paskibraka tingkat nasional.

Pemkab Banjarnegara Siapkan Telaga Merdada Jadi Wisata Alam Bebas Sampah

Bupati Budhi Sarwono mengatakan, pembersihan Telaga Merdada dari sampah merupakan komitmennya dalam mendukung pariwisata di Banjarnegara.

Canangkan Gerakan Donor Plasma Konvalesen, Wali Kota Salatiga akan Awali dari ASN

Wali Kota Salatiga menyerukan gerakan donor plasma konvalesen untuk membantuk penyembuhan pasien Covid-19.

Selama PPKM Darurat, Bandara Ahmad Yani Masih Layani 6.437 Penumpang

Jumlah penumpang yang dilayani Bandara Ahmad Yani Semarang menurun 89,5% atau 6.437 orang selama PPKM Darurat.

4 Keunikan Salatiga, Salah Satunya Kota Paling Toleran di Indonesia

Salatiga berdiri pada 24 Juli 750 Masehi sehingga usianya sudah lebih dari 1000 tahun. Bukti berdirinya kota ini berdasarkan prasasti Plumpungan di Desa Kauman Kidul.

7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut.

Kudus PPKM Level 4, Pemkab Lanjutkan Penyekatan Jalan

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus melanjutkan penyekatan kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan selama pelaksanaan PPKM level 4.

PPKM Diperpanjang, Selebgram Magelang Ini Malah Tiduran di Jalan

Selebgram bernama Indi Adisty ini melakukan aksi protes terhadap kebijakan PPKM Darurat yang diperpanjang dengan cara yang tak biasa.

Penutupan Candi Arjuna Diperpanjang hingga 2 Agustus

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyebut penutupan objek wisata Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021.

Ganjar Ingin Semua Daerah di Jateng Berlakukan PPKM Level 4

Agar tidak kendur, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, ingin semua daerah di wilayahnya menerapkan PPKM Level 4.

PPKM Darurat Berakhir, Tingkat Kematian Covid-19 di Kota Semarang Masih di Atas Nasional

Kasus kematian pasien Covid-19 di Kota Semarang selama PPKM Darurat menurun, tapi tidak signifikan. Persentasenya masih di atas persentase kematian nasional.

Salatiga Diminta Terapkan PPKM Level 4, Wali Kota Yuliyanto Galau

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mempertanyakan indikator penentuan level tingkat risiko penyebaran Covid-19.

Ajak Warga Tolak PPKM Darurat, Pemuda di Brebes Diciduk Polisi

Pelaku berinisial MI diduga jadi provokator aksi penolakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Kabupaten Brebes.

Warga Jarang Makan Daging, Presiden Kirim Sapi Kurban ke Karanganyar

Kriteria desa penerima sapi kurban dari Presiden Jokowi, yakni desa tertinggal, banyak warga kurang mampu dan warganya jarang makan daging

Kuliah Umum UKSW: Olah Spiritual Bisa Jadi Kunci Bertahan Di Masa Pandemi

Kuliah Umum MKU Pendidikan Agama (Kristen) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) digelar secara virtual menghadirkan empat narasumber.

Salut, Sisihkan Gaji, Ketua DPRD Jateng Sumbang 3,6 Ton Beras

Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto berinisiatif menyisihkan gaji untuk membeli beras dan dibagikan ke warga terdampak PPKM Darurat.

Pecel Semanggi Khas Kendal, Langka Tapi Masih Jadi Primadona

Pecel Semanggi merupakan makanan khas Kabupaten Kendal. Meski sudah langka, kuliner ini tetap menjadi primadona masyarakat.