SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. dokJIBI/SOLOPOS

GRESIK – Mitra Kukar kembali ke posisi puncak klasemen Liga Super Indonesia (ISL) 2013. Kepastian ini diraih skuat Naga Mekes, julukan Mitra, seusai mempermalukan tuan rumah, Gresik United, 3-1.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Gol kemenangan Mitra dua di antaranya diciptakan Zulham Zamrun, sedang satu gol lainnya oleh Zulkifly Syukur. Sementara, gol pemerkecil ketinggalan GU dilesakkan Siswanto.

Pertandingan di di Stadion Petrokimia, Gresik, Jumat (8/2/2013) sore WIB itu, berlangsung dalam tempo tinggi dan sarat emosi. GU yang tampil dihadapan pendukungnya lebih dulu mengambil inisiatif serangan.

Beberapa peluang pun diciptakan GU melalui strikernya, Aldo Baretto. Namun, penampilan sigap Samsidar mampu menggagalkan upaya GU.

Ditekan terus menerus, Mitra tak tinggal diam. Skuat besutan Stefan Hansson ini mulai keluar dari tekanan. Bahkan, Mitra mampu mencuri gol lebih dulu melalui Zulham di menit ke-18. Striker 24 tahun itu menciptakan gol setelah melakukan penetrasi dari sisi kiri pertahanan GU dan melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau kiper Agung.

Keunggulan ini tak membuat Mitra menyurutkan serangan. Naga Mekes justru tampil lebih berani dengan menciptakan beberapa peluang emas.

Pada menit ke-38, Mitra mampu menggandakan keunggulan. Lagi-lagi melalui Zulham setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Agung. Keunggulan 2-0 ini pun berakhir hingga turun minum.

Pada paruh kedua, GU melakukan beberapa rotasi. Pelatih Suharno menarik Ahmad Sembiring dan memasukkan Risky Noviansyah untuk menambah daya gedor GU.

Hal ini cukup efektif. Terbukti pada menit ke-47, GU mampu memperkecil ketertinggalan melalui Siswanto, setelah mengelabuhi tiga pemain belakang Mitra dari sisi kiri.

Mampu menjebol gawang Mitra, GU tak menyurutkan serangan. Laskar Joko Samudro bahkan nyaris menyamakan kedudukan setelah mendapat hadiah penalti di menit ke-56.

Tendangan penalti diberikan setelah wasit M Thoriq Al-Khatiri melihat Rahmad Latif melakukan hand ball. Sayang, Aldo Baretto yang ditunjuk sebagai algojo gagal mengeksekusi penalti. Tendangan dari titik 12 pas-nya masih melambung di atas mistar gawang Samsidar.

Kendati gagal menyamakan kedudukan, GU tak putus asa. Tuan rumah terus melakukan determinasi. Di sisi lain, Mitra lebih banyak menumpuk pemain di belakang dan sesekali melancarkan serangan balik.

Namun, justru Mitra yang mampu kembali menciptakan gol. Kali ini giliran Zulkifly Syukur yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 75 setelah bola crossing-nya langsung menghujam ke gawang GU.

Pada menit ke-84, kedua tim harus berman dengan 10 pemain setelah Riski dari GU dan kiper Mitra, Samsidar  diganjar kartu merah. Keduanya diusir keluar lapangan setelah terlibat cek-cok yang membuat pertandingan sempat ditunda beberapa saat.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan Mitra tak terusik. Hasil ini pun membuat Mitra kembali ke puncak menggeser Arema Cronous Indonesia. Tambahan tiga poin membuat Mitra mengoleksi 15 poin, unggul tiga angka dari Arema dan GU yang menguntit di posisi dua dan tiga.

Susunan pemain:

Gresik United: Agung; Habib, Park, Sasa, Supandi (Kabib 24’), Munif, Sembiring (Risky 45’ KM 84’), Dirga, Agus, Aldo, April Hadi (Gherry Setya 69’)

Mitra Kukar: Syamsidar (KM 84’); Jovo P, Hamka, Rachmat L; Zulkifly, Bustomi, Paolo, Seftia (Dedi Gusmawan 59’); Arif (Joyce Sorongan 85’), Esteban, Zulham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya