SOLOPOS.COM - Gelandang sayap Persib, M Ridwan. DokJIBI/Solopos/Antara

Gelandang sayap Persib, M Ridwan, menjadi salah satu pencetak gol timnya ke gawang Persepam MU di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (19/5/2013). Dalam laga itu, Persib sukses menaklukan Persepam 2-1 dan membuat posisinya naik ke urutan dua klasemen ISL 2013. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

SOLO – Persib Bandung meraih poin maksimal kala menjamu Persepam Madura United (MU) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Minggu (19/5/2013) sore WIB. Maung Bandung, julukan Persib, menang dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan tipis atas Persepam ini sudah cukup membuat Persib naik ke posisi dua. Tambahan tiga poin membuat Persib menggeser Sriwijaya FC dan Arema Indonesia ke posisi tiga dan empat.

Persib saat ini mengantongi nilai 40 atau unggul satu poin atas Sriwijaya di posisi tiga dan unggul dua poin dari Arema di urutan keempat. Sementara, posisi satu masih dihuni Persipura Jayapura, yang mengemas nilai 44.

Jalannya Pertandingan :

Menjamu Persepam di depan pendukungnya, Persib, langsung menurunkan skuat terbaiknya. Hilton Moreira, yang baru diboyong dari Sriwijaya FC, diturunkan sebagai starter berduet dengan Serginho van Dijk di lini depan.

Sementara, tim tamu menggandalkan formasi idealnya 4-3-3 dengan menempatkan kuarter Zaenal Arif, Konte dan Linkers di lini depan.

Tampil menyerang, Persepam mencoba memegang kendali. Namun, upaya Sape Kerap, julukan Persepam, hanya bertahan beberapa saat.

Pada menit kelima, tuan rumah mengambol alih tekanan. Alhasil, Persib pun mampu unggul cepat melalui gol M Ridwan di menit keenam. Ridwan menjebol gawang Persepam, yang dijaga Alfon, seusai menerima umpan pendek dari Supardi.

Tertinggal membuat Persepam berusaha mengejar ketertinggalan. Beberapa pergerakan Persepam melalui Linkers pun mampu membuat lini belakang Persib harus berjibaku.

Menekan terus menerus, Persepam lengah di lini belakang. Alhasil, lewat skenario serangan balik cepat yang dilakukan Van Dijk, Persepam kembali kebobolan di menit ke-20. Van Dijk mencetak gol setelah memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Hilton, yang mampu ditepis kiper Persepam Alfon.

Gol Van Dijk ini sekaligus menjawab keraguan atas ketajamannya karena tak pernah mencetak gol dalam tiga laga sebelumnya. Gol ini juga menjadi yang pertama diciptakan Van Dijk pada putaran kedua ISL 2013 dan merupakan yang ke-12 sepanjang musim ini, menempatkannya di posisi tiga dalam daftar pencetak gol.

Tertinggal 0-2, membuat Persepam meningkatkan intensitas serangannya. Namun, serangan yang terkesan sporadis masih bisa diantisipasi para pemain Persib.

Di sisi lain, Maung Bandung juga tak menurunkan intensitas serangannya. Kendati demikian, tempo permainan yang ditunjukkan Persib mulai sedikit menurun.

Hingga berakhirnya babak pertama, Persib pun tak mampu menambah pundi-pundi gol. Sementara, Persepam juga urung memecah kebuntuannya. Alhasil kedudukan 2-0 untuk Persib pun bertahan hingga turun minum.

Memasukki babak kedua, Persib langsung mengambil inisiatif serangan. Di sisi lain, Persepam tak ingin tinggal diam. Tim promosi dari Divisi Utama itu langsung melakukan rotasi dengan menarik Amadou Konte digantikan Ishak Djober.

Masuknya Djober cukup membuat intensitas serangan Sape Kerap meningkat. Alhasil, tim asal Madura itu mampu memperkecil ketertinggalan melalui Christoper Elliot Gomes di menit ke-59. Gomes menjebol gawang Persib, yang dijaga I Made Wirawan, setelah menerima umpan terobosan Zainal Arif.

Kebobolan Persib mulai kembali meningkatkan serangannya. Bahkan pada menit ke-73, Maung Bandung bermain dengan tiga striker, dengan memasukkan Kenji Adachihara untuk menggantikan Atep.

Masuknya Kenji membuat daya gempur Persib sedikit meningkat. Meski demikian, Persepam, yang berusaha menyamakan kedudukan, tak tinggal diam dan banyak memberi tekanan tuan rumah.

Pada menit ke-80, Persepam justru nyaris kembali menjebol gawang Persib melalui tandukan Zaenal Arif. Namun, tandukan eks striker Persib itu masih mampu dihalau I Made Wirawan.



Jelang laga berakhir Persepam terus membombardir pertahanan Persib. Namun, hingga peluit akhir dibunyikan tak ada lagi gol tercipta. Kedudukan pun berakhir dengan kemenangan Persib 2-1.

PERSIB BANDUNG (4-4-2) :

Made (GK); Supardi, Aang, Naser, Tony; M.Ridwan (Airlangga Sucipto 90+1) , Hariono, Firman, Atep (Kenji 73’); Van Dijk (Asri Akbar 83’), Hilton

PERSEPAM MU (4-3-3) :

Kelvan (GK); Rumba, Fachruddin, Abu Bakar, Orah (Busari 34’); Aditya, Mashuda, Gomes; Zaenal Arif, Konte (Djober 51’), Linkers

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya