SOLOPOS.COM - Gelandang Mitra Kukar, Paolo Daniel Fringpane, sukses menyarangkan dua gol untuk membawa timnya menang 4-2 atas Persib Bandung di Stadion Madya Aji Imbut, Tenggarong, Kamis (21/2/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

Gelandang Mitra Kukar, Paolo Daniel Fringpane, sukses menyarangkan dua gol untuk membawa timnya menang 4-2 atas Persib Bandung di Stadion Madya Aji Imbut, Tenggarong, Kamis (21/2/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

TENGGARONG – Ambisi Mitra Kukar meraih poin penuh dalam laga kandangnya berjalan mulus. Skuat Naga Mekes sukses meraih kemenangan kala menjamu Persib Bandung dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL) 2013, dengan skor meyakinkan 4-2 di Stadion Madya Aji Imbut, Tenggarong, Kamis (21/2/2013) sore WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gol-gol kemenangan Mitra dua di antaranya diciptakan Paolo Daniel Fringpane. Sedang, dua gol lainnya tercipta berkat bunuh diri pemain Persib, Muhammad Ridwan dan sumbangan striker Jajang Mulyana.

Sementara, dua gol balasan Maung Bandung, julukan Persib, diciptakan oleh Abanda Herman dan Ridwan.

Dengan kemenangan ini, Mitra sukses memperlebar jaraknya dari Arema Indonesia dalam klasemen sementara Liga Indonesia. Mitra kokoh di puncak klasemen dengan torehan 19 poin atau unggul tiga angka dari Arema yang mengoleksi 15 poin di urutan kedua.

Sementara bagi Persib ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun dalam lawatannya ke Kalimantan. Sebelumnya, Maung Bandung juga menelan kekalahan tipis 2-1 dari Persisam Samarinda. Alhasil, posisi Persib urung bergeser dari urutan 13 dengan koleksi enam poin.

Dalam laga kali ini, kedua tim tampil dengan skuat terbaiknya. Mitra kembali memasang penjaga gawang, Syamsidar, yang pada laga sebelumnya tak bisa diturunkan akibat akumulasi kartu merah, sebagai starter.

Di sisi lain, Persib juga menurunkan skuat pilihannya. Maung Bandung yang mengusung pola 4-4-2, memasang rekrutan barunya, striker naturalisasi, Sergio Van Dijk sebagai starter di lini depan, berpasangan dengan Herman Dzumafo.

Namun, kendati sama-sama menurunkan skuat terbaik kedua tim mewakili laga dalam tempo sedikit lambat. Kedua tim tampil ekstra hati-hati dan cenderung mengukur kekuatan lawan.

Namun keadaan itu hanya bertahan sementara. Setelah 10 menit kickoff berjalan, tensi tinggi pun tak bisa dihindarkan.

Mitra yang bertindak sebagai tuan rumah  mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Pada menit ke-15, striker Mitra, Jajang Mulyana menciptakan peluang. Namun sepakannya memanfaatkan umpan Frangipane masih bisa diselamatkan I Made Wiryawan, kiper Persib.

Pada menit ke-23, pemain Persib, Muhammad Ridwan, melakukan kesalahan fatal. Eks gelandang Sriwijaya FC ini salah menghalau umpan Arif Suyono yang justru masuk ke gawangnya sendiri.

Tersengat oleh gol bunuh diri Ridwan, Persib mulai intens untuk melakukan serangan. Beberapa peluang emas pun diciptakan skuat Maung Bandung, baik melalui lini sayap dari Atep maupun lini depan, lewat Van Dijk.

Sayang bagi Persib, Alih-alih mengejar ketertinggalan, gawangnya justru kembali kebobolan. Kali ini  Frangipane yang memperbesar keunggulan tuan rumah melalui tendangan langsungnya dari sudut sempit di menit ke-41.

Tertinggal 2-0, tak membuat Persib kendur. Skuat besutan Djajang Nurjaman (Djanur) ini tetap berupaya menjebol pertahanan lawan.

Upaya Persib pun berbuah hasil. Pada menit ke-45, Persib mampu memperkecil ketinggalan melalui tandukan Abanda Herman yang memanfaatkan assist Van Dijk.

Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Mitra ini pun menutup babak pertama.

Selepas turun minum, Persib langsung mengambil inisiatif serangan. Beberapa ancaman pun sempat diciptakan Maung Bandung.

Meski demikian, Mitra tak tinggal diam. Pasukan Naga Mekes juga berusaha memperlebar keunggulan melalui serangan balik.

Serangan selalu kandas, Persib melakukan pergantian pemain. Atep yang beroperasi di sisi sayap ditarik keluar digantikan striker asal Jepang, Kenji Adachihara di menit ke-64.

Namun, upaya serangan Maung Bandung tak diimbangi kedisiplinan di lini belakang. Persib malah kembali kebobolan melalui gol Jajang setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Made Wiryawan pada  menit ke-70.

Kembali tertinggal dua gol, Persib kian berani tampil agresif. Selang tujuh menit, Persib kembali mempersempit jaraknya dengan Mitra melalui gol Ridwan. Ridwan membalas kesalahannya di babak pertama yang menyebabkan gol bunuh diri melalui sepakan keras bola first time memanfaatkan assist Firman Utina.

Kedudukan 3-2 bagi tuan rumah kian memanskan tempo pertandingan. Adu serangan pun tak dihindarkan dari kedua kubu.

Namun, Mitra lebih beruntung. Pada menit 85, Naga Mekes kembali mencetak gol. Fringpane kembali mencatatkan namanya dalam papan skor melalui gol cantik yang diukir dari tendangan jarak jauh. Tendangan keras Fringpane ini meluncur ke pojok kiri gawang Persib dan tak mampu dihalau Made Wiryawan.



Gol Fringpane tak membuat semangat Persib mengendur. Sayang, hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit Juwari, kedudukan 4-2 tak berubah.

Susunan pemain

Mitra Kukar (4-4-2)

Syamsidar (Joice Sorongan 61’) (Gk); Zulkifly, Hamka, Rahmat, Seftia; Suyono, Bustomi, Frangipane, Zulham; Jajang (Hendra Ridwan 89’), Herrera

Persib Bandung (4-4-2)

Made Wiryawan (Gk); Supardi, Naser, Abanda, Ridwan; Toni, Firman, Asri Akbar, Atep (Kenji Adachihara 64’); Van Dijk, Dzumafo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya