SOLOPOS.COM - Gelandang Persipura, Zah Rahan Krangar, membawa Persipura unggul sementara atas Arema Indonesia 1-0 pada lanjutan Liga Super Indonesia 2013 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (12/5/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS

Ekspedisi Mudik 2024

Gelandang Persipura, Zah Rahan Krangar, membawa Persipura unggul sementara atas Arema Indonesia 1-0 pada lanjutan Liga Super Indonesia 2013 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (12/5/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS

SOLO – Persipura Jayapura untuk sementara memimpin 1-0 atas tuan rumah, Arema Indonesia, pada lanjutan Liga Super Indonesia (ISL) 2013. Keunggulan Mutiara Hitam, julukan Persipura, di babak pertama tercipta berkat sepakan gelandang briliannya, Zah Rahan Karanga.

Duel antara dua tim papan atas Indonesia, Arema dan Persipura, di Stadion Kanjuruhan, Minggu (12/5/2013) malam WIB itu sempat tertunda beberapa saat dari jadwal yang ditentukan. Kick off tertunda karena membeludaknya penonton.

Terlihat dalam siaran langsung ANTV, puluhan suporter Persipura, yang tak mendapat tempat di tribun penonton, turun ke lapangan dan menempati sentleban. Ofisial Persipura tak mau ada penonton yang menempati sentleban karena takut menggangu konsentrasi timnya saat pertandingan. Terutama, jika penonton yang menempati pinggir lapangan adalah suporter Arema.

Namun pihak Panpel serta keaamanan menjamin tak akan ada suporter Arema yang turun ke lapangan dan hanya akan diisi oleh suporter Papua. Akhirnya, ofisial Persipura pun bersedia melakoni laga.

Alhasil kick off pun langsung dibunyikan wasit Dodi Setia Purnama, tanda dimulainya pertandingan. Tempo permainan tinggi langsung diperlihatkan kedua belah tim sesaat pertandingan dimulai.

Persipura, yang bertindak sebagai tim tamu langsung mengambil inisiatif serangan lewat Ian Louis Kabes. Namun, pergerakan Kabes dari sisi kiri Arema masih mampu dihalau pemain belakang Singo Edan.

Arema tak tinggal diam. Turun dengan kekuatan penuh, Singo Edan, julukan Arema langsung menebar ancaman. Beberapa kali pergerakan Alberto ‘Beto’ Goncalvez dan Cristian Gonzales, yang ditopang Keith Kayamba Gumbs dan Greg Nwokolo, mampu mengancam gawang Persipura, yang dikawal Yoo Jae Hoon.

Alih-alih menekan, gawang Arema justru kebobolan. Persipura yang tampil dengan mengandalkan serangan balik sukses menciptakan keunggulan lewat gelandang asal Liberia, Zah Rahan di menit ke-24. Zah Rahan yang muncul dari lini kedua memperdaya kiper Arema, Ahmad Kurniawan, seusai melakukan kerja sama dengan Kabes. Persipura pun unggu 1-0.

Kecolongan, Arema berusaha memberi respon. Namun, Persipura yang tampil taktis sulit ditembus. Mutiara Hitam, julukan Persipura, bahkan nyaris menambah keunggulan di menit ke-29. Namun, crossing Kabes dari sisi kiri kepada Boaz Solossa masih mampu diamankan Ahmad Kurniawan.

Memasukki menit ke-35, tensi dua tim papan atas Indonesia ini kian memanas. Insiden-insiden terjadi di tengah lapangan, yang berujung ketegangan.

Pada menit ke-36, Persipura nyaris menambah keunggulan. Serangan balik cepat skuat besutan Jacksen F Tiago itu mampu mengecoh pertahanan Arema. Namun, Boaz yang sudah berdiri sendirian di depan gawang Arema, gagal mengeksekusi bola dengan sempurna karena tembakannya masih melebar ke atas mistar gawang.

Pada menit ke-38, Arema mendapat kesempatan emas menyamakan kedudukan. Singo Edan mendapat hadiah penalti setelah Emmanuel Wanggai melakukan handsball di kotak penalti.

Sayang, kesempatan Arema terbuang sia-sia. Beto yang menjadi algojo gagal mengeksekusi tendangan penalti dengan sempurna. Tembakannya dari titik putih masih melebar ke atas mistar gawang Persipura.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, Arema belum mampu mengejar ketertinggal. Begitu pula sebaliknya. Persipura gagal menambah keunggulannya. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Persipura 1-0.

Susunan Pemain
AREMA INDONESIA
Achmad Kurniawan; Thierry Gathussi, Victor Igbonefo, Munhar, Hasim Kipauw; Egi Melgiansyah, Dedi Kusnandar, Greg Nwokolo, Keith Kayamba Gumbs; Cristian Gonzales, Alberto Goncalves

PERSIPURA JAYAPURA
Yoo Jae Hoon; Otavio Dutra, Bio Paulin, Ruben Sanadi, Yustinus Pae; Im Junsik, Imanuel Wanggai, Gerald Pangkali, Zah Rahan Karanga; Boaz Erwin Salossa, Ian Louis Kabes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya