SOLOPOS.COM - Brimob sisir Gunung Patingkea, Senin (29/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Zainuddin M.N.)

ISIS di Indonesia salah satunya muncul dari dukungan kelompok Santoso, yang disebut-sebut kini mengancam Istana dan Polda Metro Jaya.

Solopos.com, JAKARTA — Sebuah video yang berisi suara Santoso, pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur beredar di jejaring sosial Facebook. Dalam video propaganda itu, Santoso mengancam Istana Merdeka dan menghancurkan Polda Metro Jaya.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Menanggapi hal tersebut, Staf Ahli Deputi Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Teroris Wawan Hari Purwanto menyatakan ancaman itu bukan sesuatu yang baru. Menurut dia mereka sudah sering melancarkan ancaman secara lisan maupun dengan bom.

“Sebab itu harus sadar, ancaman tetap ada,” katanya saat dihubungi wartawan, Senin (23/11/2015).

Meskipun demikian, Wawan belum dapat memastika keaslian suara tersebut apakah Santoso. Harus ada verifikasi secara forensik untuk menguji kebenaran suara tersebut milik gembong teroris Santoso.

Dia menegaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan dari ancaman itu. Karena itu, BNPT akan menampung seluruh informasi dari manapun terkait dugaan ancaman kelompok teroris.

“Kami juga minta kepada warga masyarakat untuk tidak terpancing dengan propaganda semacam ini, karena yang tadi saya katakan hal semacam ini sudah sering terjadi,” katanya.

Video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Muhammad Bahrunnaim Anggih Tamtomo pada Minggu (22/11/2015) dengan judul Seruan Sang Komandan. “Yang kalian percaya atau tidak percaya, suka atau tidak suka, rela atau tidak rela Panji Hitam ini akan berkibar dengan izin Allah di atas Istana Merdeka. Dan akan kami hancurkan Polda Metro Jaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya