ISI Solo Menangkan Hibah Pendanaan Rp1,1 M, Mantap!

ISI Solo memenangkan hibah pendanaan kompetisi Kampus Merdeka senilai Rp1,119 miliar dari Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek.

 Gapura Kapal di kampus Isi Solo. (Wikimapia)

SOLOPOS.COM - Gapura Kapal di kampus Isi Solo. (Wikimapia)

Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia (ISI) Solo memenangkan hibah pendanaan Kompetisi Kampus Merdeka senilai Rp1,119 miliar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kemenangan ini tidak lepas dari program yang diunggulkan. Yaitu pengembangan laboratorium perfilman yang bermitra dengan Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Juga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, dan industri perfilman Salaka Credu.

Sebagai bagian dari hibah tersebut, diluncurkan program insentif kekaryaan dan kewirausahaan perfilman ISI Solo. Kegiatan ini melibatkan 24 mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa Film dan Televisi ISI Solo. Serta program studi (prodi) lain dan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 bulan atau setara 20 satuan kredit semester (SKS).

Baca juga: Jangan Salah Ya Lur! Jl Slamet Riyadi Solo Ditutup Nonstop Jumat-Minggu

Ketua Task Force PKKM ISI Solo, Sri Wastiwi Setiawati mengatakan bahwa melalui kegiatan insentif  (hibah)ini nantinya diharapkan Desa Karang akan menjadi ajang inkubasi kegiatan-kegiatan perfilman bersama masyarakat. Ajang eksperimentasi penciptaan film mahasiswa sekaligus inkubator bisnis perfilman di daerah. Desa Karang sendiri sedang dirintis sebagai desa wisata.

“Dengan demikian program pengembangan laboratorium sosial ini diharapkan dapat menjadi model implementasi aktivitas kampus merdeka. Yang integratif, relevan, terarah, berdampak dan berkelanjutan,” ujarnya dalam siaran pers kepada Solopos.com, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Bengkel Ini Tawarkan Ganti Kaca Mobil Ambulans Yang Dilempari Batu Di Purwosari Solo, Gratis!

Wakil Rektor 1 ISI Solo, I Nyoman Sukerna, mengatakan raihan hibah pendanaan ini sebagai bagian kompetisi dalam merencanakan kegiatan, “Kegiatan-kegiatan yang direncanakan di ISI Solo tidak lepas dari semangat kompetisi secara positif. Sehingga diharapkan menjadi pemicu setiap SDM dalam rangka meningkatkan kualitas layanan,” ujarnya.

Koordinator Prodi Film dan Televisi ISI Solo, Titus Soepono Adji mengatakan program ini pada dasarnya merespons mitra untuk mengembangkan sebuah desa binaan yang tematik.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menulis sosok kisah Nabi Muhammad dan akan membukukan karya murid tersebut.

Tak Ada Temuan Siswa Positif Covid-19 saat PTM di Sragen

Disdikbud Sragen mengusulkan menambah durasi jam pelajaran untuk PTM yang semula tiga jam menjadi empat jam/hari untuk mengejar ketertinggalan materi.

Keren, STT Warga Vaksinasi Ribuan Warga Sukoharjo

STT Warga mendapat apresiasi dari Polres Sukoharjo karena membantu percepatan vaksinasi Covid-19, tidak hanya warga kampus tapi juga masyarakat umum.

Pemkab Wonogiri Atur Strategi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun

Selain masalah kesehatan, Pemkab Wonogiri perlu memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial.

Event Pameran Dongkrak Transaksi Solo Great Sale 2021

Penyelenggaraan event pameran seperti Ekraf Mart 2021 dan BUMN-UMKM Great Sale 2021 turut mendongkrak transaksi Solo Great Sale.

PTM SMA/SMK di Wonogiri Pedomani Prosedur Provinsi

Di Kabupaten Wonogiri ada empat SMA yang sudah pernah menggelar uji coba, yakni SMAN 1-3 Wonogiri dan SMAN 1 Wuryantoro.

Rock in Solo Digelar Indoor, Down for Life Dipastikan Tampil

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan event Rock In Solo 2021 akan digelar Indoor namun masih merahasikan lokasinya.

Ketemu Atta Halilintar Seusai Laga PSG Pati Vs PSIM, Gibran Bilang Gini

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ketemu Atta Halilintar seusai pertandingan AHHA PS Pati vs PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Ingin Toilet Umum Sebersih di Hotel, Ini Langkah The Sunan Hotel Solo

Toilet umum seringkali menjadi titik lemah dari kawasan pariwisata. Padahal toilet memiliki pengaruh yang cukup besar bagi citra pariwisata daerah.

Muncul Klaster Covid-19, Aturan PTM di Sekolah Solo Berubah?

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru tentang PPKM level 2 yang berlangsung mulai 19 Oktober hingga 1 November, aturan PTM berubah?

Bos Arisan Online asal Mojolaban Sempat Ngumpet di DIY Sebelum Terciduk

Ibu rumah tangga asal Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, yang menjadi pelaku penipuan berkedok arisan online sempat sembunyi di Sleman, DIY.

AHHA PS Pati Kalah Lagi, Reaksi Atta Halilintar di Luar Dugaan

Klub AHHA PS Pati atau PSG Pati kembali menelan kekalahan melawan PSIM Jogja dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Polisi Wonogiri pun Dilatih Berkendara yang Aman

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

Klaten Hari Ini: 19 Oktober 2013, Diler Terbakar, 13 Motor Hangus

Delapan tahun lalu, 13 sepeda motor hangus dalam insiden kebakaran sebuah diler yang ada di Sutran, Bolali, Wonosari, Klaten ludes dilalap api, Jumat (18/10/2013) malam.

Bupati Pastikan Atlet Klaten Peraih Medali PON XX Papua Dapat Tali Asih

KONI Klaten sudah menyiapkan dana tali asih itu masing-masing Rp12,5 juta untuk peraih medali emas, Rp7,5 juta untuk peraih perak, dan Rp5 juta untuk peraih perunggu.