SOLOPOS.COM - Omah Watu milik Sutini, warga RT 002/RW 005, Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Foto diambil Kamis (25/3/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI – Sutini, warga RT 002/RW 005, Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri selama 22 tahun terakhir tinggal di rumah batu. Bentuk rumahnya sangat unik dan berbeda dengan tetangga di sekitarnya.

Bentuk rumah yang menyerupai batu seperti milik Patrick di kartun Spongebob Squarepants itu disebut oleh masyarakat setempat dengan nama Omah Watu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski rumah itu sangat mirip dengan batu, namun bangunan itu bukan terbuat dari batu asli. Rumah itu dari bahan bangunan layaknya rumah pada umumnya. Hanya saja desain rumah dibuat seperti batu berukuran besar seperti yang ada di perbukitan. Adapun luas rumah itu berukuran sembilan meter kali sembilan meter.

Baca juga: Unik! Warga Wonogiri 22 Tahun Tinggal di Rumah Batu

Rumah itu dibangun oleh suami Sutini pada 1997 dan selesai 1999. Rumah itu dibuat untuk mengantisipasi genting tersapu angin seperti dialami sebelumnya.

“Dulu yang membikin rumah ini suami saya. Sekarang masih kerja di Sumatra. Membuatnya bertahap, tidak sekali jadi. Sehingga penggarapannya cukup lama,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (25/3/2021).

Meski dari luar terlihat seperti batu berwarna hitam dan diselimuti lumut, rumah milik warga Tirtomoyo, Wonogiri ini sebenarnya tidak dibuat dari batu alam. Sutini mengaku nyaman tinggal di rumahnya meski bentuknya berbeda dengan rumah pada umumnya.

omah watu wonogiri
Omah Watu milik Sutini, warga RT 002/RW 005, Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Foto diambil Kamis (25/3/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Baca juga: Bakso Wonogiri &  Solo Terkenal Enak, Mana Favoritmu?

Bagian dalam rumah tersebut bakal membuat Anda melongo. Di dalam rumah batu itu terdapat dua lantai dan berisi perlatan rumah tangga seperti, lemari, tempat tidur, meja, kursi dan lain-lain. Namun di dalamnya tidak ada sekat dinding, hanya ada empat pilar penyangga. Di dindingnya terdapat beberapa lubang yang berfungsi memperlancar sirkulasi udara atau berfungsi seperti jendela. Sedangkan pintu rumah hanya ada dua buah.

berita terpopuler omah waturumah batu wonogiri omah watu
Omah Watu milik Sutini, warga RT 002/RW 005, Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Foto diambil Kamis (25/3/2021). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Ia mengatakan, pada 2018 rumah batu di Wonogiri yang ia miliki itu sempat viral. Dampaknya, banyak orang lokal maupun luar daerah yang penasaran dan mendatangi rumahnya. Hingga saat ini beberapa orang juga masih ada yang berkunjung ke rumahnya hanya untuk sekedar melihat Omah Watu.

“Sejak viral itu banyak yang usul kalau di sekitar rumah saya ini ada kolam renangnya bagus. Intinya agar tempat ini tidak hanya viral sesaat, tapi juga bisa dikunjungi orang. Kalau ada kolam renangnya katanya semakin menarik. Kemudian anak saya membuatnya pada 2019,” ungkap dia.

Baca juga: Terbukti! Keberadaan Luweng Mampu Atasi Banjir di Pracimantoro Wonogiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya