Tutup Iklan
Isi Data Sensus Penduduk Online Sebaiknya Tak Suruh Orang Lain, Ini Alasannya
Sensus Penduduk Online. (www.bps.go.id)

?Solopos.com, KLATEN – Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten menyarankan pengisian data sensus penduduk online dilakukan oleh anggota keluarga yang masih tercatat dalam satu kartu keluarga (KK).

Kepala BPS Klaten, Sri Ariyanto, mengatakan sensus penduduk online dilaksanakan 15 Februari-31 Maret 2020 dengan membuka laman sensus.bps.go.id.

“Menggunakan nomor induk kependudukan dan nomor KK serta buku nikah. Kami harapkan masyarakat Klaten bisa melakukan pengisian secara online,” kata Sri Ariyanto saat ditemui di Setda Klaten, Senin (17/2/2020).

Sri Ariyanto tak menyarankan pengisian dilakukan orang lain di luar KK karena data yang diisi bersifat pribadi.

“Kami sarankan diisi perwakilan keluarga yang masih dalam satu KK. Misalkan orang tua tidak familiar dengan ponsel, data bisa diisi melalui anaknya karena data yang diisi bersifat pribadi. Kami jamin data yang diisikan aman,” jelas dia.

Sri Ariyanto mengatakan selain sensus penduduk online juga ada sensus penduduk wawancara pada 1 Juli-31 Juli 2020.

“Untuk sensus wawancara ini kami akan kerahkan 2.500 petugas sensus,” kata dia.

Salah satu petugas sensus asal Kecamatan Cawas, Klaten, Tami, mengatakan sensus penduduk online terus disosialisasikan petugas sensus dalam berbagai kegiatan misalnya PKK atau lewat lembaga pendidikan.

“Setiap ada kegiatan komunitas, PKK, atau lembaga pendidikan kami minta izin untuk menyelipkan sensus penduduk secara online meskipun kami tidak bisa sampai pada simulasi karena terbatasnya waktu. Namun, selama ini antusias masyarakat tinggi dan mereka bersedia mengisi sensus penduduk online secara mandiri,” kata Tami, Kamis (20/2/2020).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho