SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo melakukan perenggangan otot sebelum latihan di stadion Sriwedari, Solo, Rabu (16/5). Persis melakukan persiapan untuk menghadapi Persika Karawang dalam pada Minggu (22/5) di Karawang dalam Indonesia Soccer Championship 2016. (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

ISC B 2016 akan menyajikan duel Persis Solo vs Persibas.

Solopos.com, SOLO—Persis Solo tak bisa tampil dengan skuat penuh dalam melakoni laga tandang melawan Persibas Banyumas dalam lanjutan babak penyisihan Grup III Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 di Stadion Satria, Banyumas, Minggu (17/7/2016) sore.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Hal ini tak lepas dari badai cedera yang menimpa sejumlah penggawa Laskar Sambernyawa, julukan Persis. Bahkan, Persis kemungkinan besar tak bisa menurunkan penjaga gawang utama Aji Saka yang mengalami cedera bahu.

Ya, mantan kiper Timnas U-23 itu dibekap cedera bahu ketika melakoni partai uji coba kontra Persik Kediri di Stadion Manahan, akhir Juni lalu. Meskipun sudah ikut berlatih rutin, tapi ia belum sepenuhnya fit dan membutuhkan waktu untuk penyembuhan.

“Aji Saka sudah ikut latihan, tapi untuk bermain penuh nanti sepertinya belum bisa. Ia butuh waktu agar cederanya benar-benar sembuh,” tutur pelatih kiper, I Komang Putra, kepada wartawan, seusai latihan rutin di Lapangan Kartopuran, Selasa (12/7/2016) pagi.

Kondisi ini membikin Persis tinggal mengandalkan tiga kiper muda, yakni Afif Bayu, M Ihsan, dan Liam Candra. Absen Aji Saka membikin Afif Bayu sebagai kiper kedua harus siap tampil. Ini akan menjadi debut Afif Bayu di ISC B 2016. Sebelumnya, ia kerap tampil saat Persis menjalani sejumlah laga uji coba.

Tak hanya Aji Saka, sederet pemain juga tak fit. Dua striker masih absen panjang, yakni Roby Fajar dan Giannini Lestaluhu. Gelandang serang Andrid Wibawa dan gelandang bertahan Tri Rahmad juga harus berjuang untuk penyembuhan cedera lutut. Terbaru, winger Bayu Nugroho mengalami kecelakaan yang berujung dislokasi bahu. Kondisi ini jelas membikin pelatih Widyantoro pusing tujuh keliling.

“Saya harus menyiapkan berbagai alternatif untuk mengatasi kondisi ini. Rotasi pemain jadi cara yang paling memungkinkan untuk dilakukan. Saya akan lihat dalam latihan terakhir nanti,” papar Widyantoro.

Kini hanya sebanyak 15 pemain yang berada dalam keadaan fit. Di posisi kiper ada Afif Bayu. Di barisan bek, yakni Akbar Riansyah, Qoiron Sandy, Fernando Pongajow, Rohmat Sabani, Yudi Khoerudin, Risman Maidullah, dan Taji Prasethio. Lini tengah menyisakan Dedi Cahyono, Windu Wibowo, Catur Pamungkas, Agung Budi, Tinton Suharto. Sedangkan lini depan hanya tinggal Yanuar Ruspuspito, dan Andri Aryanto.

“Kami hanya punya dua hari lagi untuk latihan rutin. Menggenjot fisik jelas tak cukup, maka kami asah taktik dan strategi saja,” jelas pelatih yang akrab disapa Wiwid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya