Ironi di Tengah Tradisi Mengusir Pandemi Ala Warga Kaki Gunung Wilis Madiun

Tradisi dongkrek yang dilakukan warga kaki Gunung Wilis, Kabupaten Madiun, tiap malam justru berpotensi jadi sumber penularan Covid-19 karena menimbulkan kerumunan.

 Warga Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, menggelar ritual dongkrek untuk mengusir pagebluk Covid-19 setiap malam, Sabtu(24/7/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Warga Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, menggelar ritual dongkrek untuk mengusir pagebluk Covid-19 setiap malam, Sabtu(24/7/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Udara dingin yang menyergap kulit pada Sabtu (24/7/2021) malam sekitar 22.00 WIB, tidak menyurutkan puluhan warga lereng Gunung Wilis di Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, menggelar ritual dongkrek. Mereka melakukan tradisi ini sebagai upaya untuk mengusir pagebluk Covid-19 dari bumi.

Warga yang mengikuti tradisi dongkrek membawa perkakas rumah tangga, seperti galon, ember, cangkul, dan lainnya. Ada juga yang membawa kendang. Alat-alat itu digunakan sebagai alat musik untuk mengiringi para warga yang menari menggunakan topeng buta atau roh halus.

Mereka berkeliling di lingkungannya masing-masing sambil menari dan menabuh alat-alat yang dibawa. Malam itu sedang terjadi bulan purnama, sehingga jalan-jalan kampung yang biasanya gelap menjadi terang.

Tradisi Dongkrek, Cara Unik Warga Lereng Gunung Wilis di Madiun Usir Pagebluk Covid-19

Warga yang mengenakan topeng roh halus terlihat berjoget-joget mengikuti irama musik. Mereka memulai ritual ini sekitar pukul 22.00 WIB dan rampung 01.00 WIB. Mereka baru menjalani ritual dengan tarian dongkrek ini sepekan terakhir.

Masyarakat Desa Cermo merasa pandemi Covid-19 yang terjadi lebih dari satu tahun tersebut membuat sengsara. Perekonomian masyarakat menjadi anjlok. Banyak orang yang sakit dan meninggal dunia.

Tak Sesuai Pakem

Kesenian dongkrek ini diikuti warga dari usia muda hingga dewasa. Masyarakat desa itu terlihat guyub dan memiliki harapan yang sama, yakni pagebluk corona segera sirna dari muka bumi.

Kesenian dongkrek yang dijalankan masyarakat Desa Cermo ini memang tidak sesuai pakem seperti di pentas. Seperti alat musik yang digunakan pun seadanya. Dongkrek yang bersifat seni pertunjukan menggunakan alat musik seperti kentongan, kenong, bedug, beri, korek, dan gong.

Sedangkan penggunaan topeng pun dalam kesenian dongkrek pun ada pakemnya. Seperti topeng genderuwo, topeng roro ayu, dan topeng roro peyot.

“Ini dongkrek sebagai ritual bukan kesenian. Jadi, penggunaan alat musik pun seadanya, apa pun yang ada di rumah dan bisa berbunyi boleh dibawa. Itu yang diajarkan leluhur kami,” kata tokoh masyarakat Desa Cermo, Parjan Demang, 50.

Penggunaan topeng berwajah seram, kata dia, memang sebagai perwujudan roh halus pengganggu manusia. Melalui ritual dongkrek ini, wabah diharapkan bisa segera sirna.

Baca Juga: Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Malang Dirumahkan

Ironi Dongkrek

Menurut dia, ritual ini menjadi salah satu sarana untuk mengusir wabah. Selain itu, tentu upaya seperti protokol kesehatan perlu dijalankan.

Ironisnya, tradisi ini justru bisa menjadi sarana penyebaran Covid-19 karena menimbulkan kerumunan orang. Terlebih lagi dilakukan setiap malam.

Ketua RT 015/RW 001 Desa Cermo, Jumiran, mengatakan kegiatan dongkrek setiap malam ini inisiatif warga. Wabah corona yang sudah berlangsung selama 17 bulan ini benar-benar berdampak pada perekonomian masyarakat desa.

“Banyak warga yang terdampak. Mulai dampak kesehatan hingga ekonomi. Di lingkungan sini yang terpapar ada tiga orang. Selama pandemi, baru kali ini ada yang kena Covid-19,” ujar Jumiran.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Asyik! Madiun Level 2, Gedung Bioskop Boleh Buka

Wali Kota Madiun, Maidi, memperbolehkan gedung bioskop untuk beroperasi namun jumlah penonton dibatasi dan wajib protokol kesehatan.

Pemkab Madiun Sediakan Swab dan Vaksinasi Gratis bagi Peserta Seleksi CPNS dan PPPK

Pemkab Madiun membatasi swab antigen gratis dan vaksinasi Covid-19 bagi peserta seleksi CPNS dan PPK di Pemkab Madiun dan warga setempat.

Meski Takut, Siswa SD di Madiun Rela Disuntik Vaksin Demi Belajar di Sekolah

Para siswa SD yang berusia 12 tahun di Kota Madiun mengaku rela mengesampingkan rasa takut mereka disuntik vaksin Covid-19 demi bisa belajar dan bermain di sekolah.

Timbulkan Kerumunan, Polisi Bubarkan Acara Musik di Ponorogo

Petugas kepolisian membubarkan kegiatan musik elekton campursari di rumah warga di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Senin PTM, Seribuan Siswa SD di Kota Madiun Ikuti Vaksinasi

Siswa SD kelas VI yang usianya sudah 12 tahun dan belum mendapat suntikan vaksin harus mengikuti vaksinasi Covid-19.

2 Pelaku Pencurian 25 Komputer Sekolah di Madiun Ditangkap, 3 Masih Buron

Setelah empat bulan melakukan pengejaran, Polres Madiun berhasil menangkap dua tersangka pelaku pencurian komputer di dua sekolah. Tiga tersangka lain masih buron.

Covid-19 Jatim Terus Membaik, Tingga Satu Zona Oranye, Lainnya Kuning

Kota Blitar menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang masuk zona oranye, lainnya kuning.

Ibu Hamil Ditemukan Meninggal di Indekos, Polisi Madiun Kantongi Petunjuk Baru

Penyelidik menemukan petunjuk baru setelah ponsel milik perempuan muda yang meninggal di indekos di Madiun itu diperbaiki.

Ada Laporan Warga, BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi di Demangan Madiun

Tim peneliti dari BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi di wilayah Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Hujan dan Angin Kencang Robohkan Satu Rumah di Madiun

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan satu rumah di Desa Kedungrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, roboh.

Waduh, Wawali Madiun Inda Raya Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri, terkonfirmasi positif Covid-19. Ia meminta warga yang berkontak dengannya untuk melakukan rapid test antigen.

Wali Kota Madiun Minta Guru PAUD Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

Di masa pandemi Covid-19, Maidi meminta tenaga pendidik PAUD wajib kreatif dan inovatif.

Dengarkan Keluhan Pekerja Seni saat Pandemi, Begini Solusi Wali Kota Madiun

Pemkot Madiun memfasilitasi ruang bagi para pekerja seni dan budaya untuk bisa terus berkarya.

Pengumuman! Wawali Kota Madiun Terkonfirmasi Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar hasil swab, Selasa (14/9/2021).

PKKMB Unipma Selesai, Ini Pesan Rektor Kepada Mahasiswa Baru

Harapannya, para mahasiswa baru Unipma bisa memanfaatkan kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi dengan semangat disiplin.

Pengumuman! Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Pemkab Madiun Dipusatkan di Pendapa Ronggo Doemeno

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dan PPPK Pemkab Madiun digelar di Pendapa Ronggo Doemeno. Peserta wajib sudah divaksi dan menyertakan hasil rapid test.