SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Irjen Pol Sutarman resmi menggantikan Komjen Pol Ito Sumardi sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Komjen Ito mengandalkan Irjen Sutarman untuk menyelesaikan kasus yang tengah ditangani Bareskrim seperti kasus surat palsu MK dan kasus M Nazaruddin.

“Masalah laporan surat MK, kita sudah periksa 15 orang, sudah tetapkan satu tersangka. Ke depan akan dipelajari secara cermat oleh Kabareskrim yang baru,” ujar Komjen Ito Sumardi usai acara sertijab Kabareskrim di Rupatama, Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Rabu (8/7).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ito mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah hukum sesuai fakta-fakta yang ditemukan. Menurutnya jangan sampai polisi menghukum seeseorang sebelum menemukan fakta.

“Sebagai penyidik kita harus mengedepankan asas praduga tak bersalah. Dalam penanganan kasus-kasus tentunya tidak mungkin disampaikan kepada publik secara detail,” imbuhnya.

Mengenai kasus Nazaruddin, Ito mengaku hingga saat ini dia belum tahu di mana keberadaan mantan Bendahara Umum Demokrat tersebut. Ito juga belum mendapat pemberitahuan dari kepolisian Singapura bahwa Nazaruddin sudah tidak ada di Singapura.

“Sampai saat ini belum tahu. Nanti Pak Tarman akan kendalikan secara langsung. Tim yang berangkat jadi bagian dari KPK,” jelasnya.

Ito sendiri mengaku dekat dengan Sutarman. Dia memiliki sejarah karir yang sama dengan Sutarman.

“Pertama sejarah, karena saya dulu pernah jadi Kapoltabes Surabaya. Pak Tarman pernah jadi Kapoltabes Surabaya. Jadi mantan Kapoltabes digantikan mantan Kapoltabes,” tuturnya.

Saat ditanya kepada Sutarman mengenai kasus surat palsu MK dan kasus Nazaruddin dia mengaku belum tahu dan akan mempelajarinya.

“Saya belum pelajari. Nanti kita lanjutkan,” jawabnya saat ditanya soal kasus MK.

“Saya belum membaca sama sekali. Saya belum mempelajari. Saya akan mempelajari dari beliau (Ito),” kilah Sutarman saat ditanya kelanjutan penanganan kasus Nazaruddin.(dtc)

Foto (detikcom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya