Iran siap tempur di Selat Hormuz

TEHERAN: Iran telah mengirim enam kapal perang ke perairan internasional termasuk Teluk Aden,  beberapa hari setelah negara itu menguji coba sebuah rudal baru yang dapat mencapai beberapa bagian Eropa.

"Kami telah mengirim enam kapal perang ke perairan internasional dan Teluk Aden," kata komandan angkatan laut Iran Habibollah Sayari seperti dikutip surat kabar Iran, Jomhori Eslami. "Misi ini menunjukkan kemampuan kami yang meningkat dalam menghadapi ancaman asing."

Surat kabar itu mengatakan kapal-kapal perang tersebut dikirim untuk menghadapi serangan potensial terhadap kapal dagang dan tanker minyak Iran oleh perompak di lepas pantai Somalia.

Iran, penghasil minyak terbesar keempat di dunia, mengandalkan tanker-tanker untuk mengirim minyak mentah ke pelanggan melalui Teluk dan Selat Hormuz, jalan air melalui mana sekitar 40 persen dari pasokan minyak dunia dikapalkan.

Pada masa lalu, Iran telah memperingatkan  negara itu dapat merintangi selat tersebut jika negara itu diserang karena ambisi nuklirnya yang kontroversial. Iran berkoar pada masa lalu telah mengembangkan sistim senjata baru hanya untuk menerima skeptisisme dari para pengamat pertahanan Barat.

Akses angkatan lautnya merentang sepanjang Teluk di selatan, Laut Oman, dan Laut Kaspia di utara. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom