SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TEHERAN: Iran telah mengirim enam kapal perang ke perairan internasional termasuk Teluk Aden,  beberapa hari setelah negara itu menguji coba sebuah rudal baru yang dapat mencapai beberapa bagian Eropa.

“Kami telah mengirim enam kapal perang ke perairan internasional dan Teluk Aden,” kata komandan angkatan laut Iran Habibollah Sayari seperti dikutip surat kabar Iran, Jomhori Eslami. “Misi ini menunjukkan kemampuan kami yang meningkat dalam menghadapi ancaman asing.”

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Surat kabar itu mengatakan kapal-kapal perang tersebut dikirim untuk menghadapi serangan potensial terhadap kapal dagang dan tanker minyak Iran oleh perompak di lepas pantai Somalia.

Iran, penghasil minyak terbesar keempat di dunia, mengandalkan tanker-tanker untuk mengirim minyak mentah ke pelanggan melalui Teluk dan Selat Hormuz, jalan air melalui mana sekitar 40 persen dari pasokan minyak dunia dikapalkan.

Pada masa lalu, Iran telah memperingatkan  negara itu dapat merintangi selat tersebut jika negara itu diserang karena ambisi nuklirnya yang kontroversial. Iran berkoar pada masa lalu telah mengembangkan sistim senjata baru hanya untuk menerima skeptisisme dari para pengamat pertahanan Barat.

Akses angkatan lautnya merentang sepanjang Teluk di selatan, Laut Oman, dan Laut Kaspia di utara. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya