SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WINA — International Press Institute (IPI), Kamis (22/11/2012) waktu setempat, merilis sebanyak 119 wartawan tewas sewaktu melakukan pekerjaan jurnalistik sepanjang 2012. Rilis itu dilakukan dalam sebuah konferensi yang dihadiri beberapa organisasi PBB dan lembaga swadaya masyarakat di Wina, Austria.

Jumlah itu merupakan jumlah terbanyak sejak tahun 1997, saat IPI melakukan pelacakan korban wartawan yang tewas saat bertugas. Dari keseluruhan jumlah itu, sebanyak 36 wartawan tewas di Suriah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengawas media tersebut menyatakan telah mengamati “kecenderungan yang mengerikan” karena wartawa kian dijadikan sasaran, seringkali untuk menghalangi pengungkapan keterangan.

Setelah Suriah, jelas IPI, Somalia juga adalah negara yang berbahaya buat wartawan. Sebanyak 16 wartawan menemui ajal di sana pada 2012, lalu diikuti oleh Meksiko, Pakistan dan Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya